Presiden Palestina Kunjungi Turki Pekan Depan

Presiden , . (Foto : MEMO)

Tepi Barat, Palestina – Presiden Palestina Mahmoud Abbas akan melakukan kunjungan resmi ke pada 28 Agustus, kata juru bicara kepresidenan, İbrahim Kalin, pada Rabu (23/8).

Abbas akan bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan saat kunjungan tersebut, kata Kalin kepada Anadolu Agency yang dikutip MINA.

“Kedua pemimpin akan membahas perkembangan terakhir di Al-Aqsa dan Al-Quds bersamaan dengan proses perdamaian di Palestina,” ujar Kalin.

Bulan lalu, Israel memberlakukan tindakan keamanan baru di Masjid Al-Aqsa setelah pembunuhan dua petugas polisi di lokasi tersebut.

Langkah-langkah tersebut, termasuk penempatan detektor logam dan kamera pengawas, menyebabkan bentrokan baru antara orang-orang Palestina dan pasukan keamanan Israel, yang memicu kemarahan di dunia Muslim.

Secara terpisah, diblokade oleh Israel – melalui udara, darat, dan laut – sejak 2007, Jalur Gaza memiliki tujuh penyeberangan perbatasan yang menghubungkan wilayah itu dengan dunia luar.

Enam di antaranya dikendalikan oleh Israel, sementara yang ketujuh – penyeberangan Rafah – dikendalikan oleh Mesir. Hal itu membuat Jalur Gaza tetap tertutup rapat sejak penggulingan Presiden Mesir Muhammad Mursi dalam kudeta militer tahun 2013.

Israel menutup empat penyeberangan komersialnya dengan Gaza pada Juni 2007 setelah kelompok Palestina Hamas merebut kendali atas jalur tersebut dari Otoritas Palestina (PA) yang berbasis di Tepi Barat. (T/R11/TS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Sumber-sumber:

http://www.worldbulletin.net/headlines/193287/palestinian-president-to-visit-turkey-next-week

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.