Presiden Perintahkan PUPR Perbaiki Jembatan Rusak Akibat Banjir di Kalsel

Foto: Setkab

Bnjar, MINA – Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk memperbaiki beberapa jembatan yang runtuh akibat banjir di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hal itu ia sampaikan dalam keterangan pers saat melakukan kunjungan kerja ke Kalsel) Senin (18/1), guna meninjau lokasi terdampak banjir di sejumlah wilayah di provinsi tersebut.

“Ada beberapa jembatan yang runtuh, seperti yang kita lihat di belakang ini, ini juga salah satu jembatan yang runtuh akibat banjir. Tadi saya sudah minta ke Menteri PUPR agar dalam 3-4 hari ini bisa diselesaikan, sehingga mobilitas distribusi barang tidak terganggu,” ujarnya.

Menurutnya, suplai logistik untuk pengungsi sangat penting untuk dipastikan kelancarannya karena hampir 20 ribu masyarakat berada di dalam pengungsian.

Presiden juga menyampaikan dukacita kepada korban bencana banjir tersebut.

“Saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam atas korban yang meninggal di musibah banjir di Kalimantan Selatan ini, semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” ujarnya.

Banjir di Provinsi Kalimantan Selatan kali ini terjadi di hampir 10 kabupaten dan kota akibat luapan Sungai Barito karena curah hujan yang yang sangat tinggi selama hampir 10 hari berturut-turut.

Sungai tersebut dapat menampung 230 juta meter kubik, namun akibat curah hujan yang tinggi ini jumlah debit air yang masuk mencapai 2,1 miliar meter kubik sehingga tidak tertampung dan meluap di 10 kabupaten dan kota. (R/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)