Presiden Sri Lanka Rajapaksa akan Mengundurkan Diri Pekan Depan

Kolombo, MINA – Gotabaya Rajapaksa akan mengundurkan diri pekan depan, kata Ketua Parlemen Mahinda Yapa Abeywardena, Sabtu (9/7), Anadolu Agency melaporkan.

Mahinda mengatakan, Rajapaksa memberitahunya bahwa dia akan mengundurkan diri Rabu (13/7).

“Sangat penting bagi seluruh negara untuk tetap damai untuk mempertahankan transisi yang damai,” kata Abeywardena seperti dikutip penyiar lokal NewsFirst.

Keputusan Rajapaksa muncul beberapa jam setelah pengunjuk rasa menerobos barikade polisi dan memasuki kediamannya di ibu kota Kolombo.

Sebelumnya, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe mengadakan pertemuan darurat para pemimpin partai politik di tengah meningkatnya kemarahan atas penanganan krisis ekonomi oleh pemerintah.

Wickremesinghe meminta Ketua Parlemen untuk memanggil sidang parlemen, kata pernyataan dari kantor perdana menteri.

Polisi mengumumkan jam malam pada Jumat (8/6) di Kolombo menjelang protes akhir pekan yang direncanakan.

Negara kepulauan berpenduduk 22 juta orang itu telah gagal membayar semua utang luar negerinya karena kekurangan devisa.

Di tengah depresiasi mata uang dan inflasi yang tinggi, negara itu tidak mampu membayar bensin dan kebutuhan lainnya hingga mengakibatkan protes anti-pemerintah.

Kurangnya bahan bakar untuk pembangkit listrik juga mengakibatkan pemadaman listrik yang konstan. Pegawai negeri telah diminta untuk bekerja dari rumah, sementara sekolah diliburkan.

Pemerintah Sri Lanka kini sedang merundingkan paket bailout dengan Dana Moneter Internasional. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.