Pria Tertua di Dunia, 112 Tahun, Meninggal

(FILES) This file picture taken on August 21, 2015 shows world's oldest man Yasutaro Koide at 112 years old receiving his certification from the Guinness World Records in Nagoya in Aichi prefecture, central Japan. Koide died of heart failure and pneumonia on January 19, 2016 at the age of 112 in central Japan. It was not immediately clear who would succeed Koide as the world's oldest male. AFP PHOTO / FILES / JIJI PRESS JAPAN OUTJIJI PRESS/AFP/Getty Images

Yasutaro Koide (Foto: The Telegraph)

, 9 Rabiul Akhir Januari 1437/19 2016 (MINA) – Pria tertua di dunia, Yasutaro Koide, meninggal, Selasa (19/1), di usia 112 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhir di sebuah rumah sakit di Prefektur Aichi, Jepang Pusat.

Koide resmi menyandang mahkota pria tertua di planet Bumi oleh Guinness World Records pada Agustus 2015. Tercatat usianya saat itu 112 tahun dan 161 hari, The Telegraph melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Koide, yang lahir hanya beberapa bulan sebelum Wright bersaudara sukses melakukan penerbangan pertama mereka, meninggal di rumah sakit di Kota Nagoya, tempat menetapnya selama enam tahun terakhir,” kata pejabat kota.

Menurut pejabat itu, ia meninggal karena gagal jantung dan radang paru-paru, hanya dua bulan menjelang ulang tahunnya yang ke-113.

Koide, mantan penjahit yang lahir pada 13 Maret 1903 di Prefektur Fukui, barat laut Tokyo, menerima sertifikat Guinness World Records setelah pria Jepang lain yang hanya satu bulan lebih tua meninggal pada bulan Juli lalu.

Suatu waktu saat ia ditanya tentang kunci atau resep umur panjangnya, Koide mengungkapkan, “Hal terbaik untuk dilakukan adalah menghindari terlalu banyak pekerjaan dan hidup dengan sukacita.” Rahasai lainnya, kata dia, “Menghindari alkohol dan merokok.”

Harapan hidup di Jepang adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Negara Asia Timur ini dikenal dengan populasi berumur panjang dan sekitar seperempat dari 127 juta penduduknya berusia 65 tahun ke atas.

Sejauh ini belum jelas siapa yang akan menggantikan posisi Koide sebagai laki-laki tertua di dunia. Saat ini, orang tertua di dunia disandang warga Amerika Serikat, Susannah Mushatt Jones. Menurut situs Guinness World Records, Jones lahir pada tanggal 6 Juli 1899 atau berusia 116 tahun.

Perempuan ini adalah salah satu dari hanya dua orang yang masih hidup yang lahir di tahun 1800-an. Jones memiliki kebiasaan, yang dipercaya sebagai rahasia umur panjangnya, mengonsumsi daging dan telur setiap pagi selama lebih dari satu abad.

Sementara dari Inggris Raya, Gladys Hooper tercatat sebagai orang tertua di negara itu. Pekan ini ia merayakan ulang tahun ke-113-nya dengan sepotong kue dan secangkir teh. “Saya tidak merasa sangat berbeda dengan ketika saya berumur 75 tahun,” akunya. (P022/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)