SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PRIMA DMI Jalin Kemitraan Strategis Dengan MUI

Rana Setiawan Editor : Zaenal Muttaqin - Jumat, 5 Juli 2024 - 07:57 WIB

Jumat, 5 Juli 2024 - 07:57 WIB

21 Views

Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PP PRIMA DMI) telah berkunjung dan bersilaturahmi dengan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Kamis (4/7/2024).(Foto: Humas Prima DMI)

Jakarta, MINA – Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PP PRIMA DMI) berkunjung dan bersilaturahmi dengan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat pada Kamis (4/7) siang di Gedung MUI Pusat, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Dewan Pimpinan MUI Pusat diwakili Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) MUI Pusat, Drs. KH. Abdul Mannan Ghani. Sedangkan PP PRIMA DMI dipimpin langsung Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil.

Ketua Umum PP PRIMA DMI turut didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP PRIMA DMI, Affandi Ismail Hasan; Direktur Bidang Media, Komunikasi dan Informasi (Kominfo) PP PRIMA DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani; dan Koordinator Pengembangan Wiayah Maluku PP PRIMA DMI, Almubarik Ali Revonaldi.

Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil, menyampaikan, PRIMA DMI telah terbentuk organisasinya di 32 provinsi serta 147 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ketua Berharap Panca PRIMA DMI Jadi Ikon Program Nasional Remaja Masjid

Alhamdulillah, PRIMA DMI telah menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) di 32 provinsi serta Musyawarah Daerah (Musda) di 147 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. PRIMA DMI juga memiliki sejumlah program unggulan, antara lain Latihan Kader Masjid (LKM) yang telah berjalan baik di Daerah Khusus (DK) Jakarta,” tuturnya.

Pimpinan Wilayah (PW) PRIMA DMI DK Jakarta, lanjutnya, juga telah melaksanakan LKM secara berkala dan berkelanjutan.

“Mereka mampu melaksanakan program LKM dengan baik karena memiliki sumber daya kader dan finansial yang memadai,” ujarnya.

PP PRIMA DMI, lanjutnya, saat ini sedang mempersiapkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PRIMA DMI yang insyaallah akan berlangsung pada Jumat hingga Ahad (5-7 Juli 2024).

Baca Juga: RAKERNAS PRIMA DMI Bahas Penguatam Peran Remaja Masjid untuk Kemajuan Bangsa

Insyaallah, Pembukaan Rakernas PRIMA DMI akan berlangsung esok hari, Jumat, di Masjid Istiqlal, Jakarta,” ungkapnya.

PRIMA DMI, ucapnya, juga telah menjalin kerja sama strategis dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Saat ini, telah berlangsung program Z-Corner di MAsjid Al-Ittihad, Tebet, hasil kerja sama antara BAZNAS dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ittihad, DMI dan PP PRIMA DMI.

Adapun tiga program prioritas PRIMA DMI, paparnya, ialah rekonstruksi dan pembentukan organisasi dari tingkat ranting hingga pusat, proses kaderisasi PRIMA DMI secara berkala dan berkelanjutan melalui LKM, serta pengembangan Entrepreneurship atau Semangat Kewirausahaan berbasis masjid.

Sementara itu, Wasekjen DP MUI Pusat, KH. Abdul Mannan Ghani, menyambut baik terlaksananya Rakernas PRIMA DMI ini. Rakernas, lanjutnya, merupakan ajang yang tepat bagi pengurus dan kader PRIMA DMI untuk menyampaikan cita-cita, harapan, dan keinginan.

Baca Juga: Senjata Generasi Muda Masa Kini

PRIMA DMI hendaknya berikhtiar untuk mempersiapkan generasi masa depan bagi umat Islam di Indonesia. Melalui Rakernas, PRIMA DMI sepatutnya memiliki orientasi untuk memperkuat keimanan dan aqidah Islam, termasuk persoalan syariat, ibadah dan akhlak dari remaja masjid,” ujarnya.

Menurut KH. Abdul Manan Ghani yang juga Ketua PP DMI itu, akhlak remaja masjid akan menentukan masa depan bangsa Indonesia.

“Membentuk akhlak remaja masjid sama artinya dengan mempersiapkan masa depan bangsa,” tegasnya.

Remaja masjid, lanjutnya, harus memaknai Rakernas sebagai ajang untuk mencurahkan keinginan, cita-cita, harapan dan doa. Analoginya seperti seseorang yang hendak menanam pohon.

Baca Juga: MUI: Kita Siapkan Generasi Berkualitas, Kuat Mental dan Spiritual

“Kalau tidak punya keinginan, rencana dan cita-cita, maka tidak ada orang yang menanam pohon untuk dinikmati hasilnya oleh generasi masa depan,” jelasnya.

Analogi lainnya, ungkap Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Masa Khidmat 2015-2022 itu, ialah seorang ibu yang menyusui anak kandungnya.

“Tentu seorang ibu mau menyusui anaknya karena ada cita-cita, misalnya ingin anaknya tumbuh sehat dan kuat, niat agar anaknya tidak mengalami stunting dan gizi buruk,” ucapnya.

Di akhir pertemuan, segenap pengurus PP PRIMA DMI yang hadir pun bersalaman dan foto bersama dengan KH. Abdul Manan Ghani. Dia juga menyatakan kesiapannya dan kesediannya untuk memberikan taushiyah, nasehat dan materi keilmuan kepada para pengurus dan kader-kader PRIMA DMI.[]

Baca Juga: Teknologi dan Jejaring Petani Milenial Tingkatkan Produktivitas Tani

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
MINA Millenia
Indonesia
Indonesia