Produsen Gadget AS Investasi Fasilitas Didik SDM Indonesia

Foto : Dok. BKPM
Foto : Dok. BKPM

Jakarta, 18 Jumadil Akhir 1437/27 Maret 2016 (MINA) – Tim yang dipimpin oleh Direktur salah satu produsen gadget ternama AS, mengunjungi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk mematangkan rencana investasi fasilitas Research and Development senilai US$ 18 juta (setara dengan Rp 225 miliar dengan asumsi kurs dolar AS Rp 12.500).

Dana tersebut akan digunakan untuk penyiapan sarana tempat pelatihan dan pengadaan peralatan/fasilitas pelatihan SDM Indonesia, serta pengadaan tenaga ahli untuk mendidik SDM Indonesia guna membangun aplikasi, software maupun desain produk lainnya.

Kepala BKPM Franky Sibarani membenarkan bahwa kunjungan yang dilakukan oleh produsen gadget ternama tersebut menunjukkan keseriusan dari investor untuk melakukan kegiatan R&D di Indonesia.

“Tim yang datang adalah satu direktur dari Washington DC bersama tim mereka yang di Singapura. Mereka menyampaikan akan segera mengajukan izin prinsip ke BKPM dan juga akan melakukan pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika untuk membicarakan rencana kegiatan R&D tersebut,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (27/3).

Franky mengatakan, pihak investor juga mengemukakan bahwa investor juga akan memfokuskan pengembangan fasilitas riset tersebut dengan bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia.

“Mereka membidik pemuda-pemuda Indonesia untuk dapat dididik sebagai Apps Developer sehingga dapat semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital di tanah air,” lanjutnya.

Lebih lanjut Franky menjelaskan bahwa tim yang ada diterima oleh Deputy in Charge promosi investasi wilayah Amerika Serikat yakni Deputi Bidang Pengendalian  Pelaksanaan Penanaman Modal, Azhar Lubis.

“Tim marketing officer mulai deputy in charge, director in charge dan Marketing Officernya akan secara khusus mengawal rencana kegiatan R&D yang telah disampaikan,” paparnya.

Amerika Serikat tergolong negara prioritas pemasaran investasi, Dari data yang dimiliki oleh BKPM pada tahun 2015, nilai realisasi investasi AS mencapai US$ 893 juta terdiri dari 261 proyek dengan didominasi oleh sektor-sektor pertambangan. Dari sisi komitmen, tercatat masuknya komitmen US$ 4,8 miliar terdiri dari 76 proyek. Sedangkan dari data Financial Times per Februari 2016, total outward investment AS ke dunia mencapai US$ 654,6 miliar,  dari jumlah tersebut yang masuk ke Indonesia sebesar US$ 7,3 miliar atau berkisar 1%. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Ismet Rauf