Prof Amany: Pesantren Lansia Jadi Program Unggulan MUI

Jakarta, MINA – Ketua Majelis Ulama Indonesia () Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga (PRK), Prof Amany Lubis menyampaikan akan menjadi program unggulan dari MUI, khususnya untuk Komisi PRK.

“Pesantren Lansia insya Allah akan menjadi program unggulan dari MUI. Pada hari ini kita juga telah melaksanakan peletakan batu pertama Pesantren Lansia Cendekia di Cipayung Jakarta Timur,” kata Prof Amany saat peletakan batu pertama Pesantren Lansia Cendekia di Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (24/1).

Program ini, katanya, berkolaborasi dengan Rumah Zakat dan Rumah Wakaf. Tak hanya memperhatikan pembangunan fisik semata, dia juga menegaskan kurikulum pesantren juga telah disiapkan tim KPRK MUI.

“Program-program kami sebelumnya kebanyakan menyasar untuk anak dan perempuan. Kali ini kami luaskan kembali dengan bekerjasama melalui program Pesantren Lansia,” jelas dia.

Prof Amany menyatakan berdirinya Pesantren Lansia salah satunya lahir dari spirit memuliakan orang tua. Hal ini sebagaimana perintah yang disebutkan Allah SWT dalam Alquran surah Al-Isra ayat 23 berikut:

۞ وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَححَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًاتا

“Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

“Zaman sekarang banyak yang lupa untuk memperhatikan orang tuanya. Meski kadang kebutuhan fisik terpenuhi tapi spiritualnya sering terlewat. Padahal keduanya harus seimbang terpenuhi sebagai bentuk baktinya seorang anak,” kata mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Prof Amany juga menyampaikan program ini akan terus berkembang dan menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholders.

Dia berharap dukungan dari berbagai pihak untuk bersama-sama mewujudkan program Pesantren Lansia tersebar lebih luas lagi manfaatnya. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.