Prof Sudarnoto: Kedatangan Nas Daily ke Indonesia Harusnya Dicegah

Nas Daily (foto: istimewa)

Jakarta, MINA – Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional , mengatakan, kedatangan konten kreator ke , Ahad (5/2) lalu seharusnya dicegah meskipun menggunakan paspor negara lain.

“Seharusnya pihak imigrasi sensitif terhadap soal begini yang telah membiarkan Nas mencari keuntungan personal di negara dan bangsa yang selama ini justru memberikan empati terhadap kesengsaraan rakyat dan bangsa ,” ujar Sudarnoto dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (14/2).

Vlogger Nuseir Yassin atau lebih dikenal sebagai Nas Daily itu dilaporkan tiba di Indonesia pada Ahad (5/2). Ia menggunakan paspor negara Federasi Saint Kitts dan Nevis. Bukan rahasia lagi jika warga banyak yang memiliki kewarganegaraan ganda.

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Double Citizenship bagi warga Israel ini memang cara yang ditempuh oleh pemerintah Israel agar warga Israel tetap bisa menikmati kehidupan di manapun termasuk di negara yang tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel. Sementara, rakyat dan bangsa Palestina terus dikungkung, dianiaya, dan dilanggar hak-hak kemanusiaan kedaulatannya,” ujar Sudarnoto.

Oleh karena itu, Prof. Sudarnoto mengingatkan, rakyat dan pemerintah Indonesia jangan sampai lengah terhadap upaya yang mengarah pada kedekatan hubungan diplomatik RI-Israel.

“Kita sebagai bangsa harus terus mewaspadai, jangan sampai lengah terhadap upaya dari siapapun yang mengarah kepada kedekatan hubungan diplomatik Israel-Indonesia,” tegasnya.

Prof. Sudarnoto juga mengingatkan tentang Piala Dunia Sepak Bola U-20 yang sebentar lagi diselenggarakan di Indonesia adalah pintu bagi warga Israel yang akan datang.

Baca Juga:  MER-C Kecam Israel Terkait Temuan Kuburan Massal di Gaza

“Ini harus diwaspadai,” pungkasnya. (L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.