Prof Sudarnoto Luncurkan Buku “Malaysia, Jalan Terjal Menuju Bangsa Demokratis”

Jakarta, MINA – Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim meluncurkan buku “Malaysia, Jalan Terjal Menuju Bangsa Demokratis” di Aula Ahmad Dahlan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) Jakarta, Rabu (24/5).

Prof. Sudarnoto dalam peluncuran bukunya yang dilaksanakan bersamaan dengan Seminar Internasional Indonesia-Malaysia Outlook dengan tema “The Role of Indonesia and Malaysia for the Peace of Southeast Asia and the World Civilization”, menguraikan pandangannya tentang perjalanan demokrasi yang terjal yang dihadapi Malaysia.

yang juga merupakan Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka mengatakan, sejak kemerdekaan, Malaysia telah melakukan langkah penting untuk memajukan bangsa Malaysia, menjadikan Malaysia sebagai negara kuat dan adil.

“Upaya pemerintah Malaysia telah dirasakan oleh masyarakatnya. Walaupun seperti juga negara negara lain, dalam waktu yang bersamaan menghadapi banyak masalah serius,” ujarnya.

Beberapa masalah  serius, lanjutnya,  antara lain isu korupsi, HAM, law enforcement, dan perkauman, ujar Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional itu.

Pemerintah di bawah Perdana Menteri Anwar Ibrahim kali ini adalah momen penting untuk membangkitkan, memperkuat dan memajukan Malaysia, imbuhnya.

“Banyak yang berharap soal ini. Jangan sampai terjadi defisit demokrasi,” lanjutnya.

Acara yang diadakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) ini juga dihadiri ihadiri Prof. Din Syamsuddin (Ketua Umum PP Muhammadiyah 2010-2015), Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro, M.Hum., Anisia Kumala, Lc., M.Psi. (Wakil Rektor I), Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd. (Wakil Rektor II), Prof. Nani Solihati, M.Pd. (Wakil Rektor III), dan Dr. Muhammad Dwifajri, M.Si. (Wakil Rektor IV).

Selain itu, hadir juga Ketua PP Muhammadiyah Prof. Syafiq Mughni yang memberikan welcoming speech pada sesi pembukaan.

Sejumlah tokoh dari berbagai kalangan, mulai dari diplomat, akademisi, dan komunitas mahasiswa dari berbagai latar belakang juga tampak hadir meramaikan seminar ini. (R/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.