Program Bantuan Untuk Buka Puasa Pengungsi Rohingya

Ankara, MINA – Kelompok bantuan mengorganisasi program berbuka puasa untuk Muslim Rohingya di pengungsian .

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (19/5/2018), Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) mengatakan, telah mengirim bantuan makanan kepada 25.000 warga Rohingya dan mengatur buka puasa untuk 1.500 orang tiap hari sepanjang Ramadhan.

Mahmut Cevik, Kepala Departemen TIKA untuk Wilayah Balkan dan Eropa Selatan mengatakan, program buka puasa dilaksanakan mengingat kesulitan yang dialami Rohingya. Anadolu Agency melaporkan.

“Turki bersamamu kemarin, hari ini dan besok,” ujarnya.

Ahmet Refik Cetinkaya, koordinator TIKA di Bangladesh, menyampaikan salam Ramadan kepada warga Rohingya.

Menjelang program buka puasa, para pejabat TIKA mengunjungi tempat penampungan Rohingya dan mendengarkan masalah mereka.

Mereka juga membagikan bantuan makanan kepada keluarga dan memberi hadiah kepada anak-anak.

Lembaga bantuan tersebut menyediakan makanan bagi 6.000 Muslim Rohingya di kamp pengungsi setiap hari dan bantuan makanan untuk ribuan orang.

Sejak 25 Agustus 2017, sekitar 750.000 Rohingya, sebagian besar anak-anak dan perempuan, telah melarikan diri dari Myanmar setelah pasukan Myanmar memulai tindakan keras terhadap komunitas Muslim minoritas, menurut Amnesty International.

Setidaknya 9.000 Rohingya tewas di negara bagian Rakhine Myanmar dari 25 Agustus hingga 24 September 2017, menurut Doctors Without Borders.

Dalam laporan yang diterbitkan Desember lalu, kelompok kemanusiaan global mengatakan kematian 71,7 persen atau 6.700 orang Rohingya disebabkan oleh kekerasan. Mereka termasuk 730 anak-anak di bawah usia 5 tahun. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0