Program Mudik Gratis Tidak Efektif Turunkan Angka Kecelakaan

Jakarta, 14 Ramadhan 1438/9 Juni 2017 (MINA) – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo, mengkritik program sepeda motor yang dilaksanakan pemerintah setiap tahun. Program yang menghabiskan dana sekitar Rp90 miliar pada 2017 ini dinilai hanya memboroskan anggaran dan tidak berdampak signifikan terhadap penurunan angka kecelakaan saat .

“Setiap tahun pemerintah menggelontorkan dana puluhan miliar untuk program mudik gratis sepeda motor. Tapi, tidak bisa menekan angka kecelakaan terutama yang melibatkan sepeda motor. Sebaliknya, pemudik dengan sepeda motor justru semakin meningkat setiap tahun dan memadati jalur-jalur mudik,” kata Sigit Sosiantomo usai melakukan Rapat Kerja dengan Menteri Perhubungan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (8/6). Demikian laporan pers DPR RI yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurut Sigit, angkutan mudik gratis yang digelar pemerintah dan menelan anggaran hampir 100 miliar ini tidak mampu mengurangi jumlah pengguna sepeda motor.  Dari jumlah pemudik dengan sepeda motor yang diprediksi sebanyak 6,07 juta, hanya 44.721 motor yang diangkut (0,7%). Artinya masih ada 99,3% atau 6 juta lebih motor yang akan memadati jalur mudik.

“Sangat disayangkan dana sebesar Rp 90 miliar ini tidak akan berdampak langsung pada penurunan angka kecelakaan yang disebabkan oleh sepeda motor karena masih 99% motor menggunakan jalur mudik. Karena itu, efektifitas program ini harus ditinjau ulang. Jangan hanya menjadi proyek yang menghabiskan dana saja tapi  tidak ada manfaatnya dan di sisi lain membuat operator bus umum kehilangan penumpangnya,” kritisnya.

Sigit menegaskan, program mudik gratis ini semula diharapkan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh. Namun, faktanya pemudik dengan sepeda motor selalu meningkat setiap tahun  karena berbagai alasan kemudahan. Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar sehingga keselamatan pemudik kurang terjamin.

Seperti diketahui, tahun ini Kemenhub dan BUMN kembali menggelar program angkutan sepeda motor dan mudik gratis. Untuk mengangkut 44.721 sepeda motor dan 208.435 penumpang pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp90 miliar. Jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan yaitu naik 57% untuk jumlah penumpang dan naik 155% untuk jumlah sepeda motor.

Untuk moda darat, sepeda motor yang akan diangkut sejumlah 3.510 dan 54.900 penumpang. Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya akan diangkut menggunakan 1.220 bus.

Sementara untuk moda penyeberangan, akan dilayani oleh dua ferry yaitu KMP Jatra Tiga dengan tujuan Lampung dan KMP Sebuku dengan tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh dua ferry tersebut 5.000 dan 10.000 penumpang.

Sedangkan moda laut, akan dilayani oeh tiga kapal Ro-Ro menuju Semarang yang akan mengangkut 16.000 sepeda motor dan 32.000 penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor. (T/R05/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.