Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Program Ramadhan Zona Madina Bogor Kuatkan Komitmen Pemberdayaan Masyarakat

Rana Setiawan - Ahad, 7 April 2024 - 04:14 WIB

Ahad, 7 April 2024 - 04:14 WIB

11 Views

Bogor, MINA – Puncak acara Ramadan Mendekatkan yang digelar Zona Madina Dompet Dhuafa Bogor menjadi momen untuk menguatkan komitmen porgram-program Ramadhan memiliki dampak positif yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Pada momen Ramadhan ini, Zona Madina Dompet Dhuafa selalu berkomitmen untuk membuat program-program yang orientasinya memiliki dampak yang baik untuk masyarakat utamanya di empat titik pemberdayaan,” kata Armie Robi, Direktur Zona Madina Dompet Dhuafa kepada MINA, Sabtu (6/4).

Dia mengatakan, pihaknya akan terus memastikan dan mengawal sampai dengan penerima manfaat merasa bahagia dengan program yang diselenggarakan.

“Hari ini kita semua melihat pada puncak Acara Ramadan Mendekatkan, selain penyaluran sedekah yang kami pastikan selalu tersampaikan kepada penerima manfaat, kami juga memfasilitasi UMKM Binaan untuk berjulan sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi UMKM sekitar,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden dan Wapres RI Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal

Dia juga mengatakan, pihaknya menjalin kolaboraksi dengan banyak pihak agar dampak dari setiap program yang diselenggarakan semakin kuat dan luas lagi.

Bulan Ramadhan menjadi momentum yang sangat istimewa bagi Zona Madina Dompet Dhuafa khususnya menebar kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar. Di bulan penuh berkah ini, Zona Madina telah menyelenggarakan serangkaian program-program Ramadhan.

Armie Robi mengatakan, seluruh program tersebut harus dipastikan dapat berdampak, berkelanjutan dan kolaboraksi yang dirancang pada Puncak Ramadan Mendekatkan pada Kamis, 4 April 2024 di Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa Bogor.

Program Ramadhan Zona Madina dikemas dalam dua momen yaitu pra Ramadhan dan Ramadhan.

Baca Juga: Tips di Hari Raya, Jangan Balas Dendam Segala Disantap

Adapun kegiatan pra Ramadhan dimulai dengan menyelenggarakan Al-Madinah Gerebek Masjid yaitu kegiatan dakwah sosial berupa bersih-bersih masjid dalam rangka menyambut Ramadhan 1445H

Kegiatan tersebut menyasar empat titik pemberdayaan Zona Madina Dompet Dhuafa yaitu Musholla Darus Saadah Jampang, Musholla An-Nur Parung, Masjid Nurul Anwar Asri Jampang, dan Rumah Tadabbur Al-Quran Parung.

Sementara program pra Ramadhan diakhiri dengan Al-Madinah Tarhib Ramadhan sehingga penerima manfaat program pra Ramadhan sejumlah 650 penerima manfaat.

Masuk pada momen Ramadhan 1445H, Zona Madina selalu berupaya untuk menyajikan program-program yang memiliki dampak, berkelanjutan, dan berkolaboraksi dengan berbagai pihak.

Baca Juga: Rayakan Idul Fitri, Wapres Ajak Umat Islam Jaga Spirit Kasih dan Murah Hati

Program Ramadhan diselenggarakan dengan berbagi takjil Ramadhan berkah di Masjid Al-Madinah, teman tilawah Al-Madinah, Satu hari lebih dekat dengan Al-Quran, Ramadhan English Camp, Fun Mabit, dan Festival Ramadan.

Program tersebut diakhiri dengan Puncak Acara Ramadan Mendekatkan sehingga total penerima manfaat program sebanyak 3.000 penerima manfaat.

Puncak Acara Ramadan Mandekatkan

Pada aktivitasnya, Puncak Acara Ramadan Mendekatkan dimulai dengan talkshow inspiratif dari para penggali kubur diantaranya Mulyadi yang berprofesi sebagai supir ambulan, Ujang berprofesi sebagai penggali kubur, dan H. Sukron yang berprofesi sebagai pengurus makam juga amil desa.

Baca Juga: Dua Kapal Pesiar Singgah di Sabang Saat Idul Fitri

Masing-masing narasumber menceritakan pengalamannya selama menjalani pekerjaan, dengan berbagai macam suka dukanya. Pemaparan yang disampaikan oleh para narasumber secara lugas dan santai ini, diakhiri dengan pesan dan harapan.

Mulyadi menyampaikan apapun profesinya harus tetap dinikmati dah disyukuri. Ditambahkan oleh H. Syukron bahwa jalani semuanya dengan keikhlasan dan ridha, maka pekerjaan akan terasa ringan.

Selanjutnya kegiatan puncak acara Ramadan lebih terasa suasana kebahagiaan serta kebermanfaatannya dengan kegiatan sosial berupa penyaluran sedekah Al-Quran, sedekah parsel lebaran untuk penggali kubur dan yatim.

Selain itu, sedekah kacamata untuk penghafal Al-Quran, sedekah untuk guru mengaji dan sedekah untuk kebersihan musholla titipan donatur Dompet Dhuafa dengan total 250 penerima manfaat.

Baca Juga: Pj Bupati Aceh Besar Tutup Tadarus Ramadhan di Meuligoe

Kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Dompet Dhuafa bahwa sedekah titipan donatur selalu tersampaikan.

“Alhamdulillah acara telah selesai pada hari ini, yang diakhiri dengan puncak acara Ramadan Mendekatkan. Di setiap program-program Ramadhan Zona Madina itu memiliki dampak positif yang sangat bermanfaat untuk masyarakat,” kata Harja Pradika selaku ketua panitia Ramadan Mendekatkan Zona Madina Dompet Dhuafa.

Harja mengatakan program ini akan berkelanjutan, tidak berhenti sampai di sini.

Dia berharap program Ramadhan ini bisa terus berjalan dan memberikan manfaat lebih luas kepada masyarakat sekitar.

Baca Juga: Santri Ponpes Nuu Waar AFKN Sukses Penuhi Target 6.000 Kali Khatam Al-Qur’an

Kemudian bisa berkolaborasi, bisa dilihat banyak sekali yang hadir dari mitra, jejaring, sponsorship kami. Memberikan layanan gratis, ada layanan cek mata gratis, cek kesehatan gratis dan lain sebagainya,” ujar Harja.

Pasar Berdaya Ramadhan

Pada kegiatan Ramadhan Mendekatkan juga merupakan kegiatan yang sangat dinanti-nantikan khususnya bagi para UMKM Binaan.

Dengan kegiatan pasar berdaya Ramadhan, para pelaku UMKM merasa senang karena di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini menjadi momen peningkatan pendapatan dengan berjualan aneka takjil dan makanan berbuka puasa sehingga kesejahteraan UMKM semakin meningkat

Baca Juga: MUI Imbau Umat Islam Tunaikan Kewajiban Zakat Fitrah

“Alhamdulillah, pada bulan Ramadhan tahun lalu dagangan saya laris dan bisa ngasih THR untuk saudara-saudara. Harapan pada momen Ramadhan tahun ini semoga pendapatan saya makin meningkat lagi dan bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan serta bisa menyenangkan keluarga,” ujar Indah selaku UMKM Binaan Zona Madina Dompet Dhuafa

Kegiatan Puncak Acara Ramadan Mendekatkan ditutup dengan buka puasa bersama stakeholder yaitu Lurah Desa Jampang Wawan Setiawan, Lurah Desa Jabon Mekar Ina Yuliana Fajarwati, Lurah Desa Iwul Nasim Setiawan, serta dihadiri juga dengan babinsa dan babinkamtibmas Jampang.

Mereka memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Zona Madina Dompet Dhuafa karena di momen Ramadan ini dapat berbagi kebahagiaan bersama masyarakat setempat. (R/R1/RS2)

 

Baca Juga: Pemerintah Aceh Gelar Pawai Takbir Sambut Idul Fitri

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Tausiyah
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia