Putin-Netanyahu akan Bertemu Bahas Konflik Suriah

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu (Foto: File)

Tel Aviv, MINA – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan berkunjung ke Rusia pada hari Rabu (23/8) untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, terutama berfokus pada isu perang di Suriah, kata kantornya Sabtu malam.

Pembicaraan seperti ini telah membuat angkatan udara kedua negara terhindar dari konfrontasi, di saat Rusia melancarkan serangan udara untuk mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, World Bulletin melaporkan yang dikutip MINA.

Israel telah berusaha untuk tidak terseret ke dalam perang sipil di Suriahl, namun telah melakukan sejumlah serangan untuk mencegah pengiriman senjata ke milisi Syiah Hizbullah di Libanon, yang berperang untuk membantu pasukan Al-Assad.

“Tentara Israel telah melakukan hampir 100 serangan dalam lima tahun terakhir dengan target konvoi yang membawa senjata untuk kelompok militan di Suriah dan tempat lain,” kata mantan Panglima Angkatan Udara Amir Eshel kepada surat kabar Haaretz pada Kamis lalu.

Pada bulan Maret, Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow memanggil Duta Besar Israel karena serangan udara di dekat basis pasukan Rusia di dekat kota Suriah yang bersejarah,  Palmyra.

Pada saat itu, Menteri Intelijen Israel Yisrael Katz mengatakan secara umum, Moskow tidak diberitahu mengenai serangan Israel di Suriah sebelumnya, meskipun sebuah ‘hotline’ didirikan tahun lalu untuk menghindari bentrokan yang tidak disengaja antara kedua negara. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)