Qatar Donasikan Rp378 Miliar untuk Pengungsi Palestina

Doha, MINA – Dana untuk Pembangunan (QFFD) dan Badan Pemulihan dan Pekerjaan PBB untuk di Timur Dekat (UNRWA) menandatangani perjanjian bantuan sebesar 20,7 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp378 miliar untuk mendukung layanan dasar bagi pengungsi Palestina di Suriah.

Dengan kontribusi tersebut, total dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Qatar kepada UNRWA selama tahun 2019 berjumlah 40 juta dolar AS.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Khalifa bin Jassim Al-Kuwari, Direktur Jenderal QFFD, dan Penjabat Komisaris Jenderal Christian Saunders pada Ahad (15/12), demikian dikutip dari Wafa.

Sejumlah 445.000 pengungsi Palestina di Suriah akan menerima manfaat dari bantuan tersebut berupa layanan pendidikan, pelatihan kejuruan dan layanan kesehatan.

“Negara Qatar dan Dana Qatar untuk Pembangunan sekali lagi menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung pengungsi Palestina,” kata Saunders.

“Donasi yang murah hati ini untuk operasi dan kegiatan UNRWA di Suriah datang saat tantangan keuangan yang sedang dihadapi. Kami benar-benar berterima kasih atas pendanaan tambahan ini dan berharap dapat memperluas kerjasama antara UNRWA, QFFD dan Negara Qatar pada tahun 2020 dan selanjutnya,” tambahnya.

Pada tahun 2018, Qatar menyumbang 50 juta dolar AS, menjadikannya salah satu dari 10 pendonor terbesar. Kontribusi Qatar yang selalu tepat waktu memungkinkan UNWRA untuk membuka sekolah bagi sekitar 530.000 siswa-siswi pengungsi Palestina di Suriah.

Sementara itu, Direktur Jenderal QFFD menegaskan, Qatar tetap konsisten dan teguh mengenai masalah Palestina dan kepentingan khusus Negara Qatar dalam sektor pendidikan dan kesehatan,

“Kami meyakini pentingnya mereka dan peran mereka dalam membangun kehidupan yang layak untuk saudara di Palestina. Selain itu, kepemimpinan Negara Qatar telah melakukan upaya signifikan dalam pembangunan dan sektor kemanusiaan untuk melayani rakyat Palestina secara berkelanjutan, ”kata Al-Kuwari.

“Kami mendukung peran penting UNRWA dan kami yakin bahwa UNRWA akan menggunakan sumber daya ini secara optimal,” tambahnya. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.