SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Redpel Republika: Boikot Cara Efektif Tekan Israel

sri astuti - Jumat, 20 Oktober 2023 - 03:22 WIB

Jumat, 20 Oktober 2023 - 03:22 WIB

1 Views

Jakarta, MINA – Terkait situasi terkini di Palestina yang terus memanas akibat serangan Israel ke Jalur Gaza sejak 7 Oktober lalu, Redaktur Pelaksana Harian Republika, Subroto, mengatakan aksi boikot merupakan cara yang efektif untuk menekan Israel.

“Saya ingin mengatakan bahwa dalam kondisi seperti ini, yang kita lakukan adalah bagaimana menggalang solidaritas secara bersama-sama. Bentuknya mungkin salah satunya aksi-aksi kemanusiaan, dalam artian mengirim bantuan dan sebagainya. Tapi menurut saya solidaritas lebih besar, yang kemudian bisa menekan itu lebih pada aksi yang bisa berdampak. Saya katakan itu boikotlah,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar oleh Dompet Dhuafa, di Jakarta, Kamis (19/10).

“Menurut saya boikot itu seandainya bisa dilakukan secara masif pasti akan berdampak, karena kan banyak sekarang support ke Israel dari perusahan-perusahan besar yang kita mengkonsumsinya,” kata Subroto.

“Boikot itu efektif. Itu akan berpengaruh jika masyarakat sipil kita yang bergerak,” tuturnya.

Baca Juga: Bank Muamalat-UIN Sultan Maulana Hasanuddin Kerja Sama Layanan Perbankan

Hal itu juga dikatakan oleh GM Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit dalam diskusi tersebut. Menurutnya penting untuk menggalang solidaritas ini, pertama menunjukkan lewat aksi, lewat kampanye, sosial media dan boikot.

“Di mana sebenarnya kita juga berharap kekuatan ekonomi umat itu tumbuh dengan adanya aksi boikot, divestment dan sanction (BDS),” katanya.

Baru-baru ini seruan boikot salah satu makanan cepat saji, McDonald, mencuat setelah mengatakan dalam unggahan di Instagram telah menyumbangkan ribuan makanan gratis kepada tentara Pasukan Pertahanan Israel.

McDonald juga telah membuka 5 cabang dengan tujuan memberikan bantuan dan sumbangan makanan kepada pasukan keamanan. Sampai saat ini, raksasa makanan cepat saji tersebut telah menyumbangkan 12.000 makanan kepada IDF dan penduduk Israel di daerah sekitarnya. (T/R7/RS2)

Baca Juga: 10 Provinsi dengan Penduduk Paling Gemar Membaca

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BWA Distribusikan Al-Quran Wakaf Tahap Tiga di Jawa Barat

Rekomendasi untuk Anda