Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekor Pandemi di Israel, Ribuan Warga Protes Lawan Netanyahu Secara Online

Rudi Hendrik - Ahad, 27 September 2020 - 11:17 WIB

Ahad, 27 September 2020 - 11:17 WIB

1 Views

Israelis protest against Israeli prime minister Benjamin Netanyahu, outside PM Netanyahu's official residence in Jerusalem on September 26, 2020. Photo by Yonatan Sindel/Flash90 *** Local Caption *** ??????? ????? ?????

Yerusalem, MINA – Ribuan warga Yahudi mengambil bagian dalam protes terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di seluruh negeri pada Sabtu (26/9) yang juga dilakukan secara online, di saat laporan infeksi Covid-19 catat rekor pada Jumat dengan 8.315 infeksi.

Meski ada lockdown, aksi protes yang berlangsung di seluruh negeri menjadikan Yerusalem, Tel Aviv dan Kaisarea sebagai pusat protes terbesar, demikian dikutip dari Times of Israel.

Salah satu pusat unjuk rasa adalah di luar kediaman resmi PM Israel di mana diperkirakan 16.000 orang hadir berunjuk rasa.

Lima demonstran ditangkap selama demonstrasi di Yerusalem, yang merupakan salah satu aksi polisi yang paling kejam dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Israel Nekat Serang Gaza Saat Perundingan Gencatan Senjata

Polisi dan pengunjuk rasa bentrok ketika petugas berusaha menegakkan pembatasan jarak sosial, yang para demonstran sebut penggunaan kekuatan yang berlebihan.

Protes berlangsung secara nasional, setelah anggota parlemen pada hari Jumat gagal mengesahkan undang-undang yang akan sangat membatasi demonstrasi dan ibadah publik.

Sejauh ini belum ada data yang menghubungkan infeksi dengan aksi protes.

Menteri Kesehatan Israel berjanji akan mengesahkan undang-undang pada hari Selasa (29/9) nanti untuk mencegah demonstrasi besar lebih lanjut selama lockdown masih berlaku.

Baca Juga: Hamas Sebut Serangan Tabrak Lari sebagai Balasan Heroik atas Kekejaman Israel di Gaza

Demonstrasi terhadap Perdana Menteri atas tuduhan korupsi serta serangan pedasnya terhadap sistem peradilan telah menjadi kejadian biasa dalam beberapa bulan terakhir, dengan demonstrasi diadakan beberapa kali dalam sepekan dan demonstrasi besar setiap hari Sabtu.

Namun, aksi protes telah menjadi masalah yang diperdebatkan karena kasus virus corona sudah berkembang pesat.

Acara protes utama hari Sabtu, seperti biasa diadakan di luar kediaman resmi Perdana Menteri di Yerusalem, dengan laporan media yang menyebut ribuan orang hadir. Koordinator protes bahkan menyebut angka 16.000 berdasarkan nomor gelang yang mereka bagikan ke peserta. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aksi Heroik Warga Palestina, Tabrakkan Truk ke Markas Intelejen di Tel Aviv

Rekomendasi untuk Anda

Breaking News