RELAWAN MUSLIM INGGRIS GELAR AKSI BERSIH SAMPAH

Anggota dari Islamic Diversity Centre sampah pick pada Riverside di Hebburn
Anggota Islamic Diversity Centre Riverside, Hebburn, Inggris (Foto: Chronicle Live)

Hebburn, Inggris, 22 Dzulhijjah 1436/6 Oktober 2015 (MINA) – Relawan dari   Islamic Diversity Centre (IDC) mengadakan aksi sampah di kawasan kota Riverside, Hebburn, Inggris, pekan pertama Oktober ini.

Komunitas berharap, aksinya dapat membawa perubahan dalam kebersihan dan keindahan dari kekumuhan yang disebabkan oleh sampah-sampah berserakan di kawasan taman kota setempat.

“Sebelumnya komunitas kami juga melakukan program bersih-bersih di kota Newcastle, dan kami ingin mendorong program dengan ini agar masyarakat bisa bergabung bersama kami,” pernyataan IDC, seperti diberitakan media lokal Chronicle Live, Senin (5/10).

Pernyataan menambahkan, sebagai seorang Muslim, membuang sampah sembarangan bukanlah perbuatan baik. Dalam hal ini, aksi hanya membantu petugas pembersih kota yang selama ini menjaga kebersihan di sekitar tempat itu.

Komunitas mendasarkan kegiatannya pada perintah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang mengatakan, “Menyingkirkan hal yang berbahaya dari jalan adalah perbuatan amal kebaikan.”

Jika paham akan hal tersebut, kaum Muslim harus memiliki efek positif pada lingkungan sekitar dan memeiliki inisiatif yang bagus untuk melakukan hal tersebut, pernyataan menambahkan.

Manajer aksi Abu Tayeb percaya bahwa Muslim Inggris mampu membantu meningkatkan kebersihan di lingkungan warga, sehingga warga sekitarnya merasa senang dengan adanya lingkungan yang bersih dan sehat.

“Hal yang indah dalam aksi ini adalah bahwa kita tidak hendak menjadi orang lain. tetapi menjadi diri sendiri yang peduli terhadap lingungan sekitar,” ujarnya. (T/Anj/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0