REMAJA KULIT HITAM DITEMBAK POLISI AS

World Bulletine
World Bulletine

Ferguson, 19 Dzulqa’dah 1435/14 September 2014 (MINA) – Sebuah video yang merekam insiden penembakan remaja 18 tahun bernama Michael Brown oleh polisi AS Darren Wilson di Ferguson, menunjukkan Michael Brown ditembak dari belakang pada  bagian punggung.

Video diperoleh dan ditayangkan oleh CNN, dalam video itu menunjukkan reaksi dua pekerja konstruksi yang berteriak pada polisi dari kejauhan.

Berbicara kepada CNN, salah satu orang dalam video tersebut mengatakan Brown ditembak di kepala tanpa peringatan dengan keadaan mengangkat tangan. Sementara saksi mata lain mengatakan Brown awalnya ditembak dari belakang saat ia dikejar.

Benjamin Crump, pengacara keluarga Brown, mengatakan video itu adalah bukti terbaik kasus penembakan pada Brown.

“Video reaksi pekerja rekonstruksi ini adalah bukti terbaik kasus penembakan pada Brown disamping video penembakan pada brown,” kata Benjamin Crump seperti dilaporkan world Bulletin dan dikutip Miraj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Hasil otopsi menunjukkan bahwa remaja kulit hitam yang tewas di Ferguson, Missouri, 9 Agustus 2014 lalu, ditembak enam kali oleh petugas polisi, dua di antaranya di bagian kepala.

Seorang ahli patologi forensik, dr Michael Baden, ditunjuk khusus oleh keluarga korban penembakan bernama Michael Brown itu untuk melakukan otopsi kedua secara independen.

Masyarakat AS terutama keturunan Afrika-Amerika di kota Ferguson sangat marah atas insiden yang terjadi pada tanggal 9 Agustus lalu itu. Insiden itu adalah potret kebrutalan polisi di AS, terutama pada komunitas Afrika-Amerika.

Dalam minggu protes atas kebrutalan polisi berlangsung di Ferguson, media melihat banyak insiden kekerasan yang dilakukan pasukan keamanan AS. Dilaporkan juga, banyak wartawan yang dilecehkan dan ditangkap oleh petugas ketika mencoba meliput protes dan unjuk rasa tersebut.

Satu video amatir juga merekam penembakan pada warga kulit hitam lain yang dilakukan oleh polisi di Ferguson setelah beberapa hari kejadian yang menimpa Micheal Brown. Video yang juga disebar di media social itu menunjukkan polisi memborgol tubuh korban setelah ia ditembak mati. (T/P003/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Widi Kusnadi

Comments: 0