REMAJA MUSLIM AMERIKA AKTIF DI MASJID

Syamsi Ali dalam diskusi

Syamsi Ali dalam diskusi
dalam diskusi mengenai di Amerika Serikat di Jakarta, Rabu (8/10). (Foto: MINA)

Jakarta, 15 Dzulhijjah 1435/8 Oktober 2014 (MINA) – baik laki-laki maupun perempuan di negara minoritas Amerika Serikat () banyak aktif berperan dalam berbagai kegiatan terutama di Masjid, kata imam masjid Syamsi Ali.

“Konsentrasi kita adalah di Masjid dan kami berusaha menghidupkan Masjid sehingga anak-anak di sini jauh lebih aktif dalam berbagai sisi kehidupan,” katanya melalui teleconference dalam sebuah diskusi keislaman yang diadakan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Rabu.

Ulama yang juga direktur Jamaica Muslim Center ini mengungkapkan keprihatinannya saat melihat mayoritas remaja Muslim Indonesia yang jauh lebih senang ‘nongkrong’ di mall daripada di Masjid, hal ini menurutnya sangat jauh berbeda dengan remaja lainnya di AS.

“Kadang saya prihatin saat melihat para pemuda Muslim di Indonesia, mohon maaf, yang masih jauh dari Masjid, sangat berbeda dengan para pemuda di sini,” katanya prihatin.

Dia melanjutkan, salah satu kunci remaja Muslim di AS lebih aktif di berbagai acara keislaman adalah karena mereka memakmurkan Masjid. Di samping itu, menurutnya peran orang tua dalam mendidik anak mencintai Masjid merupakan hal paling dasar yang harus dilakukan orang tua di Indonesia.

Di negeri paman Sam, Syamsi menuturkan, anak-anak remaja punya kegiatan keagamaan yang unik dalam menunjang pengetahuan mereka terhadap Islam.

“Misalnya, kami di sini punya kegiatan unik yang kami namai ‘Challenging Maulana Google’ di mana kegiatan ini maksudnya ‘menantang syeikh Google’ kalau dalam bahasa Indonesia,” ujar Syamsi mencontohkan.

Kegiatan ini biasanya menuntut para remaja untuk mencari isu kontroversial yang sedang ramai di mesin pencari Google, terlebih isu itu dikaitkan dengan Islam dari seluruh dunia. “Subjek kontroversial versi Google ini biasanya nanti dibahas dalam sebuah diskusi menarik,” ujarnya.(L/R04/P007/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0