Replika Pedang Rasulullah dan Mumi Fir’aun Dipamerkan di IBF 2016

pedang
(Foto: Roy/MINA)

Jakarta, 22 Jumadil Awwal 1437/1 Maret, 2016 (MINA) – Replika Pedang Nabi Muhammad dan Mumi Fir’aun dipamerkan dalam acara wisata literasi Islam, Islamic Book Fair (IBF) 2016 di Istora Senayan, Jakarta.

Di setiap replika terdapat keterangan dan kisah cerita para nabi. Dalam acara tersebut diputar pula film tentang Nabi Musa.

Subhan, Koordinator Lapangan Tim Pameran mengatakan, pameran ini bertujuan mengenalkan dan memberitahukan kepada masyarakat.

Ia menilai, saat ini yang diketahui anak-anak atau pemuda Muslim hanyalah cerita fiktif, maka dari itu dipamerkanlah pedang dan mumi itu, juga diputar film kisah nabi.

“Khususnya untuk anak muda, pameran ini untuk memberitahu bahwa Islam mempunyai pejuang-pejuang yang hebat,” katanya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Istora Senayan, Selasa (1/3).

Replika pedang, tongkat, dan sandal Rasulullah dibuat sedetail mungkin di Turki, sedangkan replika Mumi Fir’aun didatangkan dari Mesir. Selain pedang Rasulullah, juga dipamerkan pedang para sahabat antara lain Umar bin Khathab, Ali bin Abi Thalib, dan Utsman bin Affan.

Menurut Subhan, awalnya ia dan timnya ingin membawakan yang asli, tapi sulit. Setelah mendapat izin dari beberapa pihak yang berwenang, akhirnya hanya replikanya yang bisa didatangkan ke acara IBF 2016.

Ia Juga menghimbau bagi masyarakat untuk datang ke IBF 2016, karena selain bisa mencari buku-buku bagus, bisa juga melihat replika pedang Nabi dan mumi Firaun.

Pameran buku itu berlangsung dari 26 Februari hingga 6 Maret 2016.

“Bagi warga Muslim khususnya, ini adalah kesempatan untuk melihat peninggalan-peninggalan para nabi dan sahabat, agar mengetahui bahwa para sahabat membawa Islam dengan susah payah, juga Islam itu memiliki pejuang-pejuang yang hebat,” tegasnya. (L/M09/P001)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: