Resmi dilantik, MES DKI Jakarta Siap Dukung Pengembangan UMKM Berbasis Syariah

Jakarta, MINA – Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta masa bakti periode 2020-2023 resmi dilantik oleh Ketua Umum MES, Erick Thohir, Sabtu (17/4).

Pelantikan yang digelar di Jakarta ini dilakukan setelah Kepengurusan MES DKI Jakarta melakukan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di tempat yang sama.

Kepengurusan MES DKI Jakarta yang baru dilantik ini berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM berbasis syariah, demikian keterangan tertulis kepada MINA, Ahad.

Pada kesempatan ini juga turut hadir Ketua Dewan Pembina MES DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Erick Thohir berharap dengan kepengurusan yang baru tersebut mampu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan menggerakkan ekonomi yang berbasis syariah terutama wilayah ibu kota.

“saya harap Pengurus baru yang baru dilantik bersedia menjalankan tugas yang sudah diamanatkan dan menjalankannya dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa ET tersebut juga menantang MES DKI bisa menjadi motor untuk Indonesia menjadi produsen produk halal yang bisa di ekspor ke seluruh dunia.

Senada dengan Erick Tohir, Sandiaga Salahudin Uno selaku Dewan Pembina MES DKI Jakarta menegaskan, MES DKI Jakarta harus hadir menjadi organisasi yang bisa berpihak pada rakyat.

Salah satu contoh kecilnya dengan mendorong seluruh anggota MES DKI Jakarta untuk menggunakan produk-produk lokal, dan mendorong kepengurusan MES DKI Jakarta Periode 2020-2023 bisa optimal dalam menjalankan tugasnya.

Secara gamblang, MES mempunyai visi untuk membentuk ekonomi dan keuangan syariah yang berkontribusi signifikan dalam ekosistem perekonomian nasional.

MES 2021-2023 menargetkan terciptanya peningkatan kesejahteraan, usaha syariah, serta daya saing global pelaku usaha di Indonesia.

Hal itulah yang membuat MES DKI Jakarta diharapkan dapat menghadirkan terobosan-terobosan kreatif dan inovatif guna memacu pemulihan ekonomi yang tengah terpuruk akibat badai pandemi yang belum berakhir hingga saat ini.

Menanggapi hal tersebut Tito Maulana selaku Ketua Umum MES DKI Jakarta mempunyai sejumlah program yang akan dilakukan selama setahun ke depan.

Menurutnya, salah satu program utama adalah meluncurkan aplikasi digital yang berbasis syariah.

“Surat keputusan (Sk) itu sudah dari Desember tahun lalu, resminya kita dilantik hari ini. Seperti yang  diinstruksikan oleh Ketum ada program yang harus dijalankan terutama untuk memajukan ekonomi syariah. Salah satunya adalah meluncurkan aplikasi berbasis syariah khusus untuk wilayah Jakarta,” jelas Tito.

Menurutnya, dengan aplikasi tersebut, nantinya para pelaku ekonomi syariah akan mendapatkan permodalan yang tentunya bersifat syariah dari asosiasi Fintech Indonesia yang juga  berbasis syariah.

“Yang utama dalam setahun ke depan adalah memajukan ekonomi Syariah khususnya di Jakarta dengan merangkul pelaku-pelaku umkm yang dasarnya syariah agar mendaftarkan usahanya ke aplikasi tersebut dan mendapatkan modal. Tentu saja nanti ada kurasi yang dilakukan secara online saat mendaftar,” katanya.

Tito Maulana terpilih sebagai Ketua Umum, Fuddy Heruzady sebagai Wakil Ketua Umum I, dan Muhammad Assad sebagai Wakil Ketua Umum II pada jajaran kepengurusan MES DKI Jakarta periode 2020-2023 Secara aklamasi.

MES DKI JAKARTA merupakan organisasi nirlaba yang berbasis ekonomi syariah dibawah MES INDONESIA. MES DKI JAKARTA  Sudah hadir di Jakarta sejak tahun 2017.

MES DKI Jakarta yang fokus di pengembangan perekonomian syariah ini memang dikenal cukup aktif di berbagai kegiatan-kegiatan berskala lokal, nasional, maupun internasional.

Sebut saja gelaran wisata olahraga berskala internasional pernah digelarnya di 2018 yang lalu di Pulau Tidung.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)