Ribuan Massa Mesir Protes Tuntut Presiden Mundur

ABDEL FATTAH AL-SISI
Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi. (Foto: AA)

Kairo, MINA – Ribuan pengunjuk rasa Mesir turun ke jalan-jalan di sejumlah kota menuntut Presiden Abdel Fattah El-Sisi mundur dari jabatannya karena dituduh korupsi.

Di Kairo, massa berkumpul di Tahrir Aquare pada Jumat malam (20/9). Para demonstran meneriakkan slogan-slogan seperti “rakyat menuntut jatuhnya rezim” dan “pergi Sisi”.

Di Alexandria, ratusan orang berbaris ke tepi pantai, meneriakkan “bangkit, jangan takut, Sisi harus pergi”, demikian Al Jazeera mekaporkan.

Sementara di kota pelabuhan Damietta, pengunjuk rasa merobek poster besar Presiden, seorang mantan jenderal yang telah memimpin penumpasan luas terhadap musuh politiknya, memenjarakan ribuan pembangkang dan melarang protes.

Protes terjadi ketika El-Sisi pergi ke Amerika Serikat untuk menghadiri persidangan Majelis Umum PBB (UNGA). Sisi mulai berkuasa tahun 2013 melalui sebuah kudeta militer.

Video dan foto protes dibagikan di media sosial dengan tagar #Tahrir_Square, yang menjadi tren di seluruh dunia pada hari Jumat.

Pemicu demo adalah beredarnya video tentang kasus Presiden Sisi bersama sejumlah pejabat tinggi Mesir lainnya yang dipaparkan melakukan korupsi bekerja sama dengan seorang pegusaha real estate terkemuka. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)