RIBUAN WARGA SWEDIA PROTES ATAS SERANGAN MASJID

Muslimah Swedia turut serta dalam protes melawan serangan terhadap masjid. (Foto: AA)
Muslimah turut serta dalam melawan serangan terhadap . (Foto: AA)

Brussels, 12 Rabi’ul Awwal 1436/3 Januari 2015 (MINA) – Ribuan orang di seluruh Swedia turun ke jalan pada Jumat (2/1) memprotes serangkaian serangan pembakaran terhadap masjid dalam sepekan terakhir.

Setidaknya 3.200 orang berkumpul di tiga kota terbesar di Swedia, Stockholm, Gothenburg dan Malmo, melawan rasisme dan .

Hingga 2.000 orang berkumpul di Stockholm, sementara sekitar 500 orang berkumpul di Gothenburg dan antara 600-700 orang di Malmo, penyelenggara protes mengatakan kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sekitar 40 kelompok yang berbeda mengorganisasi aksi protes, termasuk Dewan dan Asosiasi Nasional Persatuan Warga Swedia.

Demonstrasi dilakukan sehari setelah tiga masjid diserang oleh pelaku pembakaran di Eskilstuna, Eslöv dan Uppsala.

Menteri Kebudayaan Swedia, Alice Bah Kuhnke yang menghadiri aksi protes di Stockholm, mengatakan dalam pidatonya, ia akan bertemu dengan perwakilan dari berbagai komunitas Muslim di bulan Februari sebagai bagian dari strategi nasional terhadap Islamophobia di Swedia.

Polisi Swedia telah meningkatkan keamanan di sekitar masjid di Swedia, setelah sebuah masjid di timur kota Uppsala dibakar pada malam tahun baru.

“Kami menganggap peristiwa ini serius,” tulis Koran harian Swedia, Dagens Nyheter, mengutip perkataan Wakil Kepala Polisi Swedia Mats Lofving.

Pemerintah Swedia telah memutuskan untuk meningkatkan dialog dengan perwakilan komunitas Muslim, memprioritaskan kerjasama dengan Dinas Keamanan dan mendorong pasukan polisi distrik untuk lebih mengawasi keamanan masjid. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aa.com.tr/en/headline/444396–sweden-thousands-set-to-protest-against-mosque-attacks

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0