Ridwan Kamil Terima Penghargaan Kolektif Arsitektur Masjid di Madinah

, MINA Ridwan Kamil, seorang arsitek yang saat ini menjadi Gubernur Jawa Barat, baru saja menerima penghargaan internasional secara kolektif dari Arab Saudi, Abdulllatif Al Fozan Award for Mosque Architecture.

Penghargaan diberikan kepada team arsitektur bangunan terbaik, yaitu Masjid Raya Padang Sumatera Barat, bersama masjid-masjid di enam negara lainnya, KJRI Jeddah melaporkannya kepada MINA, Kamis (16/12).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Rizal Muslimin sebagai principal architect, tim arsitek PT Urbane, dimana Ridwan Kamil menjadi salah satu pendirinya, dan  PT Penta Rekayasa sebagai penyusun DED.

Karena batal hadir pada malam penghargaan, Gubernur Jawa Barat mengajukan permohonan kepada Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah untuk mewakilinya.

Penghargaan diserahkan kepada Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono, dalam sebuah upacara bertajuk Closing Ceremony of the 3rd Cycle of the Award yang berlangsung Rabu malam (15/12), di Al Salam Hall, Islamic University, Madinah, Arab Saudi.

Penghargaan diserahkan langsung Gubernur Madinah Al-Munawarah, Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz dan Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz selaku Ketua Majelis Wali Amanah Abdulllatif Al Fozan Award for Mosque Architecture di hadapan ratusan tamu penting yang menghadiri acara tersebut.

Selain Indonesia, terdapat enam negara lain yang dinilai memiliki masjid dengan arsitektur terbaik berdasarkan penilaian tim ahli selama tiga tahun (2017-2020), yaitu Arab Saudi, Mesir, Mali, Turkey, Lebanon dan Bangladesh.

Abdullatif Al Fozan Award for Mosque Architecture merupakan organisasi non-profit yang didirikan 2011 dengan fokus utama menyoroti karya arsitektur bangunan masjid di seluruh dunia.

Organisasi ini mengkaji ide-ide baru bidang desain masjid di seluruh dunia dan mendorong inovasi dalam perencanaan, desain dan teknologi yang dapat membentuk identitas di abad ke-21.(R/R1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.