Rohingya: Bangladesh Minta Peran Efektif PBB

Dhaka, MINA – mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memainkan peran lebih efektif dalam solusi krisis yang berlarut-larut.

Menteri Luar Negeri Bangladesh Masud bin Momen menyampaikan dalam pertemuan virtual kepada Utusan Khusus PBB yang baru diangkat untuk Noeleen Heyzer.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri mengatakan, seperti disebutkan Dhaka Tribune, Rabu (26/1), Menlu Masud menyatakan kekecewaannya, hingga pada tahun kelima krisis, Bangladesh masih bergulat dengan berbagai tantangan untuk menampung lebih dari satu juta warga negara Myanmar yang terlantar secara paksa.

Kehadiran Rohingya yang berkepanjangan di Bangladesh menciptakan masalah keamanan, seperti perdagangan manusia dan narkoba, dengan konsekuensi di seluruh wilayah, tambahnya.

Masud menekankan bahwa kantor utusan khusus PBB harus bekerja untuk menciptakan kondisi yang kondusif di Myanmar untuk kembalinya Rohingya dengan selamat dan aman.

Utusan Khusus PBB Noeleen Heyzer memuji sikap luar biasa Bangladesh yang telah menunjukkan tingkat kemanusiaan tertinggi dengan menampung lebih dari satu juta warga negara Myanmar yang teraniaya. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.