RPJMN 2020-2024: Infrastruktur Tetap Prioritas, SDM Jadi Fokus Baru

(dok/Bappenas)

Jakarta, MINA – Kementerian PPN/Bappenas menyebut, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pengembangan infrastruktur tetap menjadi prioritas. dan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) jadi fokus baru perhatian pemerintah.

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah Indonesia berhasil mempertahankan dan menstabilkan kinerja ekonomi makro, utamanya didorong oleh pembangunan infrastruktur yang progresif.

“Namun, Indonesia masih menghadapi isu rendahnya produktivitas tenaga kerja, rendahnya kualitas pendidikan, tingginya angka kematian bayi dan ibu, dan masalah lainnya,” kata Bambang dalam sambutan pada Workshop on Advancing Indonesia’s Structural Priorities for the 2020-2024 National Medium-Term Development Plan di Jakarta, Rabu (9/10).

Selain itu, katanya, Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan struktural seperti regulasi dan institusi, ketersediaan infrastruktur, serta kualitas sumber daya manusia.

“Beberapa kendala utama yang dihadapi Pemerintah Indonesia adalah kualitas institusi yang belum maksimal, tidak mendukung penciptaan dan pengembangan bisnis, dan bahkan cenderung membatasi, utamanya regulasi investasi,” jelas Bambang.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, ia menjelaskan tujuh agenda pembangunan pada RPJMN 2020-2024, target pembangunan, serta visi Indonesia 2045 sebagai pedoman pembangunan.

Ia juga menegaskan pentingnya strategi, sinergi, dan peran seluruh pihak untuk mencapai target-target pembangunan, termasuk langkah Indonesia berdiskusi bersama negara anggota OECD lainnya tentang praktik baik pembangunan. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)