Rusia Dikeluarkan dari Piala Dunia

Jakarta, MINA – Rusia resmi dikeluarkan dari Piala Dunia setelah FIFA dan federasi sepak bola Eropa, UEFA, menerapkan sanksi.

Rusia diskors dari semua kompetisi internasional hingga pemberitahuan lebih lanjut. Badan sepak bola Eropa juga mengakhiri kemitraannya dengan raksasa energi Rusia Gazprom.

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut,” bunyi pernyataan bersama itu, dikutip MINA, Selasa (1/3).

Rusia sendiri dijadwalkan bermain bulan ini di babak play-off kualifikasi Piala Dunia (World Cup) Qatar. Tim dijadwalkan bermain melawan Polandia di babak semifinal play-off kualifikasi Piala Dunia pada 24 Maret dan akan menghadapi Swedia atau Republik Ceko pada 29 Maret untuk memperebutkan satu tempat di putaran final di Qatar akhir tahun ini.

Sebelumnya FIFA masih mengizinkan tim untuk terus bermain di bawah nama Persatuan Sepak Bola Rusia, dengan bendera dan lagu kebangsaan Rusia dilarang. Namun tindakan itu ditolak dan tidak dapat diterima oleh presiden FA Polandia Cezary Kulesza.

“Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina,” tambah pernyataan FIFA dan UEFA lagi.

“Kedua presiden (Gianni Infantino dan Aleksander Ceferin) berharap situasi di Ukraina akan membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang.”

Rusia sendiri mengecam tindakan itu. Negara itu menyebutnya diskriminatif.

“Ini jelas memiliki karakter diskriminatif dan merugikan sejumlah besar atlet, pelatih, karyawan klub dan tim nasional. Dan yang paling penting, jutaan penggemar Rusia dan asing, yang kepentingannya harus dilindungi oleh organisasi olahraga internasional sejak awal,” kata Persatuan Sepak Bola Rusia.

Selain itu, Federasi Badminton Dunia (BWF) juga resmi melarang atlet Rusia berpartisipasi dalam seluruh turnamen BWF sebagi buntut dari perang yang dimulai negara itu di Ukraina. BWF juga memberikan sanksi yang sama pada atlet Belarusia.

Mengutip Indian Express, keputusan ini diambil sesuai rekomendasi dari International Olympic Committee (IOC).

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis, BWF mengatakan mereka telah sepakat untuk memberlakukan tindakan tegas terhadap pemerintah Rusia dan Belarusia dengan melarang atlet dan official yang mewakili negara-negara ini untuk berpartisipasi di turnamen internasional yang disetujui BWF hingga pemberitahuan lebih lanjut. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)