Rusia Kirim Alutsista ke Libya

Moskow, MINA – Pemerintah Rusia mengirim lebih banyak alat utama sistem persenjataan (alutsista) kepada tentara bayarannya di , termasuk kota Sirte.

Militer Amerika Serikat untuk Komando Afrika (AFRICOM) mengatakan, ada bukti dari foto-foto satelit pesawat kargo militer Moskow, termasuk IL-6s, yang membawa pasokan bagi para pejuang dari Kelompok Rusia.

Kedua belah pihak telah mengerahkan pasukan di sekitar Sirte di mana eskalasi baru yang besar dapat menarik kekuatan regional utama ke dalam konflik Libya, Middle East Monitor (MEMO) melaporkan dikutip MINA, Sabtu (25/7).

Pemerintah berdasarkan Persetujuan Nasional (GNA) yang berbasis di Tripoli didukung oleh Turki. Pasukan Khalifa Haftar (LNA) yang berbasis di timur, didukung oleh Rusia, Uni Emirat Arab, dan Mesir.

Baik Rusia dan sekutunya membantah pernyataan militer AS sebelumnya bahwa Moskow telah mengirim jet tempur untuk mendukung pasukan Wagner di sana.

GNA awal tahun ini menguasai sebagian besar wilayah di barat laut Libya, termasuk di Tripoli, menghancurkan beberapa sistem pertahanan udara Rusia.

Namun, LNA berhenti mundur di pusat kota pesisir Sirte, yang diambil dari GNA pada Januari lalu. (T/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.