Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rusia Perpanjang Genjatan Senjata di Aleppo

Rudi Hendrik - Kamis, 20 Oktober 2016 - 12:27 WIB

Kamis, 20 Oktober 2016 - 12:27 WIB

371 Views

Moskow, 19 Muharram 1438/20 Oktober 2016 (MINA) – Pemerintah Rusia mengumumkan akan menambah tiga jam masa jeda kemanusiaan yang sebelumnya direncanakan delapan jam pada Kamis di Aleppo, Suriah utara.

Jenderal Sergey Rudskoi dari Staf Umum Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita nasional Itar-Tass pada Rabu (19/10), Rusia juga akan menyiarkan gambar hidup evakuasi warga sipil dan orang-orang yang terluka dari Aleppo Timur selama jeda kemanusiaan itu.

Aleppo Timur yang dikuasai oleh oposisi Suriah telah lama diblokade oleh pasukan rezim.

Rudskoi mengatakan, perpanjangan itu dimaksudkan untuk memberikan waktu yang cukup kepada perwakilan PBB dan Bulan Sabit Merah untuk mengevakuasi orang sakit dan terluka serta warga sipil dari Aleppo Timur. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip MINA.

Baca Juga: Dituduh Selundupkan Senjata, Mesir: Netanyahu Bohong

Para aktivis dan organisasi pemantau Observatorium Suriah untuk HAM mengatakan, sebagian warga sipil memanfaatkan koridor kemanusiaan dari Aleppo Timur yang sebelumnya diumumkan oleh Rusia.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Suriah mengatakan bahwa pasukan rezim ditarik kembali dari dua koridor kemanusiaan yang ditunjuk untuk memfasilitasi pengangkutan pejuang oposisi yang ingin pergi dari Aleppo ke daerah-daerah pilihan mereka, kantor berita SANA melaporkan.

Namun, oposisi mengatakan, mereka tidak akan meninggalkan Aleppo Timur yang merupaka pusat kota besar terakhir yang masih dikuasai oleh pasukan oposisi.

Sementara PBB mengatakan, karena kekhawatiran keamanan, takut ditangkap, dan kehadiran pasukan Suriah di koridor kemanusiaan, membuat warga sipil enggan menggunakan kesempatan itu untuk meninggalkan daerah kantong tersebut.

Baca Juga: Warga Turki Tuntut Pengusiran Kapal Perang AS yang Berlabuh di Wilayahnya

Diperkirakan ada 275.000 orang yang terjebak di Aleppo Timur, yang sulit memiliki akses untuk mendapatkan makanan dan perawatan medis setelah rumah sakit berulang kali dihantam serangan udara. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Intelektual Aljazair Cap Israel ‘Produk Kolonialisme Barat’

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Palestina
Palestina
Internasional
Internasional
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia