Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sadar Diri

Bahron Ansori Editor : Rudi Hendrik - 16 detik yang lalu

16 detik yang lalu

0 Views

Ilustrasi sadar diri (foto: ig)

Sadar diri adalah hal penting yang mendasar dalam diri seoang Muslim. Dengan rasa sadar diri yang mendalam, seorang muslim akan mendapatkan kematangan dalam spiritualitas.

Sadar diri artinya kemampuan seseorang untuk melihat jauh lebih dalam bagaimana ia mengenali dan memahami siapa dirinya, termasuk kelemahan, kekuatan, harga diri, tujuan dan nilai dirinya dalam kehidupan yang fana ini. Dalam Islam, sadar diri tidak hanya melibatkan pemahaman tentang diri sendiri, tetapi juga kesadaran terhadap tanggung jawab sebagai hamba Allah dan hubungan dengan sesama.

Dalam ilmu jiwa (psikologis), sadar diri melibatkan introspeksi, refleksi, dan pengakuan terhadap identitas dan perilaku pribadi. Proses ini memungkinkan individu untuk mengevaluasi diri mereka secara objektif, mengenali pola pikir, emosi, dan tindakan yang memengaruhi kehidupannya. Kesadaran diri ini berfungsi sebagai alat penting dalam mengelola stres, membuat keputusan yang bijaksana, dan mencapai tujuan pribadi. Dalam konteks ini, sadar diri adalah komponen utama dalam kesehatan mental dan kesejahteraan.

Sementara itu di dalam Al-Qur’an, sadar atau kesadaran diri dilihat sebagai mutu yang penting dalam proses pembentukan karakter seorang Muslim. Allah berfirman dalam Surah Al-Hujurat ayat 12, “Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang telah mati? Maka sudah tentu kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Baca Juga: Bijak

Ayat di atas menunjukkan betapa pentingnya muhasahab (introspeksi) dan menjauhi prasangka buruk terhadap orang lain. Sadar diri dalam Islam meliputi kesadaran akan dosa dan kesalahan yang mungkin kita lakukan, serta pentingnya bertakwa kepada Allah dengan menghindari perilaku yang merugikan orang lain.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam juga memberikan contoh teladan dalam hal sadar diri. Dalam sebuah hadis, Beliau bersabda, Siapa yang tidak mengetahui kemana tujuannya, maka tidak ada gunanya baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Hadis ini menekankan pentingnya tujuan hidup yang jelas dan pemahaman diri dalam mencapai tujuan tersebut.

Sadar diri juga berhubungan erat dengan keikhlasan dalam beribadah. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 264, Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu membatalkan sedekah-sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhirat.” Ayat ini menunjukkan pentingnya kesadaran diri dalam menjaga keikhlasan dan niat dalam beramal.

Dalam konteks organisasi, sadar diri berarti memahami siapa dirinya dan apa perannya dalam sebuah organisasi. Apa yang bisa ia berikan kepada organisasi agar organsisai dan orang-orang yang ada didalamnya bisa merasakan kemajuan dengan keberadaannya. Selain itu, sadar diri dalam organisasi adalah berusaha untuk tidak tampil merasa seolah dirinyalah yang paling tahu, paling paham dan paling berpengalaman. Sejatinya, sadar diri dalam berorganisasi adalah kesempatan untuk membangun adaptasi dengan anggota lain yang sudah lebih dulu dengan cara yang bijak dan baik agar semua berjalan sesuai visi misi organisasi tersebut. Sadar diri dalam beroganisasi bukan memaksakan kehendak bahwa dirinyalah yang harus diikuti tanpa mau tahu bagaimana perasaan orang lain.

Baca Juga: Integritas: Mutiara Langka di Era Modern

Dalam praktiknya, sadar diri memang melibatkan proses yang berkelanjutan. Seorang Muslim dituntut untuk terus-menerus melakukan muhasabah, yaitu evaluasi diri secara berkala. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Hendaklah kamu bermuhasabah sebelum kamu dihisab.” (HR. Ibn Majah). Ini menggarisbawahi pentingnya refleksi diri dalam upaya meningkatkan kualitas iman dan amal salih.

Sadar diri juga terkait dengan pengembangan diri dan pencapaian pribadi. Dalam Surah An-Nisa ayat 79, Allah berfirman, “Apa saja kebaikan yang kamu kerjakan, maka pasti Allah mengetahuinya.” Kesadaran ini mendorong individu untuk terus-menerus berusaha melakukan kebaikan dan meningkatkan diri sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Dalam konteks pendidikan dan pembelajaran, sadar diri berperan dalam pengembangan kapasitas intelektual dan emosional. Seorang pelajar atau pendidik yang memiliki kesadaran diri yang tinggi akan lebih mampu memahami kekuatan dan kelemahan mereka, serta bagaimana cara terbaik untuk mengatasi tantangan dalam proses belajar.

Akhirnya, sadar diri adalah bagian penting dalam kehidupan seorang Muslim yang mencakup pemahaman tentang siapa dirinya, hubungannya dengan Allah, serta dampak dari kata-kata dan tindakannya terhadap orang lain. Kesadaran diri ini bukan hanya penting dalam konteks pribadi, tetapi juga dalam organisasi, interaksi sosial, moral, dan etika. Melalui proses introspeksi dan refleksi yang terus-menerus, seorang Muslim dapat mencapai tingkat kesadaran diri yang lebih tinggi dan menjalani kehidupan yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam. Yuk ah, kita sadar diri.[]

Baca Juga: Konsisten, Kunci Utama Raih Kesuksesan

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Perluas Pasar Ekspor, Rantai Pasok Regional Perlu Diperkuat

Rekomendasi untuk Anda

MINA Preneur
Indonesia
Breaking News
Indonesia
Tausiyah
Kolom