Sapi Kurban Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal Seberat 1,5 Ton

Sapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Foto: Royhanul Iman/MINA

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban di beberapa tempat termasuk di Masjid Istiqlal. Sapi lokal “Ongol” yang dikurbankan Jokowi memeiliki berat sebesar 1,5 ton dan berumur 8 tahun.

“Sapi kurban bapak Presiden yang diberikan Masjid Istiqlal jenis sapinya sapi lokal ongol seperti tahun lalu, beratnya 1.500 kg atau 1,5 ton,” kata Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abd Salam kepada Mi’raj News Agency (MINA) di Jakarta, Kamis (31/8).

Ia menambahkan, selain Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga berkurban di Masjid Istiqlal hampir sama beratnya yakni seberat 1,3 ton atau 1.3000 kg.

Selain Presiden dan Wakil Presiden, Kapolri Jendal Tito Karnavian dan Menteri Agama Lukman Hakim juga berkuban di Masjid Istiqlal. Total ada 20 sapi dan 10 kambing dan sejumlah uang yang bisa dibelikan sapi sebanyak 7 ekor.

Terkait pembagian , Masjid Istiqlal tidak menyediakan kupon dan membagikan di sana. Panita kurban menyembelih hewan di Masjid Istiqlal lalu membagikannya melalui RT, RW, Kelurahan, Mushala di sekitar Istiqlal dan membagikannya di masyarkat kurang mampu yang sudah terdata.

“Tahun lalu menyembelih selepas Isya, tahun ini diusahakan lebih awal, setelah salat Ashar harapannya daging kurban dapat didistribusikan setelah Isya sekitar jam 8 sampai jam 9,” kata Abu Hurairah. (L/R08/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)