Satgas MTF TNI Konga di Lebanon Terima Penghargaan dari PBB

Satgas MTF TNI Konga di Lebanon menerima penghargaan tertinggi dari PBB. (dok. Puspen TNI)

Beirut, MINA – Sebanyak 120 prajurit satgas Maritim Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K United Nations Interim Forces in (UNIFIL) yang mengawaki KRI Sultan Hasanuddin-366 menerima penghargaan medali dari PBB.

Dalam keterangan yang diterima MINA, Rabu (10/4), penerimaan medali dilaksanakan dalam upacara United Nations Medal Parade yang dipimpin langsung oleh Komandan MTF Admiral Eduardo Augusto Wieland di Port Of Beirut, awal pekan ini.

Penyematan UN medal diawali penyematan oleh Komandan MTF kepada tiga perwakilan yaitu Deputy MTF TNI Kolonel Laut (P) Wasis Priyono, Dansatgas MTF TNI Letkol Laut (P) Cecep Hidayat dan Pilot Helikopter Kapten Laut (P) Muhammad Al Amin.

Acara dilanjutkan penyematan oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) RI Untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari, Athan Mesir Kolonel Arm Alvin Dermawan Sukardi dan perwakilan dari LAF Navy Col Hussein Bazzi kepada perwakilan masing-masing peleton peserta upacara.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan MTF Admiral Eduardo Augusto Wieland menyampaikan bahwa United Nations Medal Parade merupakan sebuah pengakuan dan bentuk apresiasi dari PBB dalam pengabdian kepada UNIFIL MTF.

“Ini merupakan bentuk apresiasi dari PBB karena sudah berkontribusi dalam menjaga kedamaian dan stabilitas di Lebanon baik dalam patroli maupun latihan” katanya.

Ia menambahkan, dedikasi dan kerja keras Satgas MTF MTF TNI XXVIII-K/UNIFIL telah memberikan dampak yang cukup besar dalam menjaga perdamaian di Lebanon. Gunakan medali ini dengan kebanggaan.

Sementara itu Dansatgas MTF TNI Letkol Laut (P) Cecep Hidayat menyampaikan, penyematan UN Medal Parade merupakan penghargaan tertinggi dari PBB yang dianugerahkan kepada Pasukan Pemeliharaan Perdamaian yang telah berhasil melaksanakan tugas misi PBB selama lebih dari 90 hari berturut-turut atau lebih dengan sukses tanpa cacat.

“Selama bertugas telah berhasil menorehkan prestasi yang diakui oleh semua unsur Maritime Task Force maupun pihak unifil,” katanya.

Prajurit Satgas MTF TNI dengan Komandan Satgas Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, sekaligus sebagai Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 telah berhasil melaksanakan misi di Laut Mediterania Lebanon selama kurang lebih enam bulan. (T/R06/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.