Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saudi Kecam Seruan Menteri Israel untuk Bangun Sinagog di Masjid Al-Aqsa

sri astuti Editor : Ali Farkhan Tsani - Rabu, 28 Agustus 2024 - 13:12 WIB

Rabu, 28 Agustus 2024 - 13:12 WIB

25 Views

Jamaah Muslim Palestina melaksanakan shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa. (Foto: WAFA)

Riyadh, MINA – Arab Saudi mengecam pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir yang menyerukan pembangunan sinagog di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Saudi dengan tegas menolak pernyataan ekstremis dan provokatif ini. MEMO melaporkan, Selasa (27/8).

Kementerian tersebut juga menekankan “perlunya menghormati status historis dan hukum Masjid Al-Aqsa” dan kembali menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya dan mengakhiri bencana kemanusiaan Palestina.

Ben-Gvir mengklaim, orang Yahudi memiliki hak untuk beribadah di Masjid Al-Aqsa, dengan mengatakan bahwa ia akan membangun sinagoge di tempat suci umat Islam tersebut.

Baca Juga: Ribuan Massa Hadiri Pemakaman Aktivis Turkiye-AS

Ini adalah pertama kalinya menteri Israel berbicara secara terbuka tentang pembangunan sinagoge di dalam Masjid Al-Aqsa. Namun, ia telah berulang kali menyerukan dalam beberapa bulan terakhir untuk mengizinkan orang Yahudi beribadah di tempat tersebut.

Seruannya itu disampaikan di tengah serangan berulang kali ke kompleks tersebut oleh pemukim ilegal Israel yang berada di bawah perlindungan polisi.

Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai situs tersuci ketiga dalam Islam. Umat Yahudi menyebut daerah itu sebagai Temple Mount, yang diyakini sebagai lokasi dua kuil Yahudi kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Pada 1980, Israel mencaplok seluruh kota, sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional. []

Baca Juga: OKI Desak Masyarakat Internasional Hentikan Perang di Gaza

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Hampir 60% Siswa Muslim di New York Alami Perundungan di Sekolah

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Palestina
Indonesia
Timur Tengah
Internasional
Palestina
MINA Preneur
Palestina