Saudi Peringkat Dua Keamanan Siber di Dunia

Riyadh, MINA – naik 11 peringkat dari 2018 menjadi peringkat kedua di dunia di antara negara-negara yang berkomitmen terhadap keamanan siber di tingkat global.

Global Cybersecurity Index 2020, referensi tepercaya yang mengukur komitmen 193 anggotanya terhadap keamanan siber, merilis peringkat tersebut.

Kerajaan juga menempati peringkat No. 1 di dunia Arab, Timur Tengah, dan Asia dalam indeks yang diproduksi, dianalisis, dan diterbitkan oleh International Telecommunication Union (ITU), yang merupakan badan khusus PBB, Arab News melaporkan.

Sementara itu, AS menduduki peringkat pertama dengan skor 100. Saudi harus berbagi tempat kedua bersama Inggris dengan skor masing-masing 99,54. Estonia mengikuti di peringkat ketiga dengan skor global 99,48.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Arab Saudi membuat lompatan signifikan dalam peringkat sejak Vision 2030 diluncurkan pada 2017 ketika berada di peringkat 46 dunia.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa (29/6), Otoritas Keamanan Siber Nasional (NCA) Arab Saudi berterima kasih kepada kepemimpinan Kerajaan atas dukungan berkelanjutan untuk membuat keamanan siber lebih tangguh.

NCA mengatakan Kerajaan tampil luar biasa dalam semua aspek karena salah satu faktor utama yang mendorong peringkat negara itu adalah kehadiran badan referensi khusus untuk keamanan siber. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.