Saudi Rayakan Hari Bendera pada 11 Maret

Riyadh, MINA – Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman mengumumkan, Arab Saudi akan merayakan Hari Bendera pada 11 Maret setiap tahun.

Dalam dekrit kerajaan yang dikeluarkan, Rabu (1/3/2023), Raja Salman mengatakan, 11 Maret akan menjadi hari istimewa untuk menghormati Bendera Nasional Kerajaan, lapor Saudi Press Agency.

Raja Salman menyebutkan, tanggal 27 Dzulhijjah 1355 H, bertepatan dengan 11 Maret 1937 M, adalah hari ketika Raja Abdul Aziz mengesahkan bendera Arab Saudi.

“Bendera Saudi mengacu pada tauhid, keadilan, kekuatan, pembangunan dan kemakmuran,” ujar  Raja Salman.

Ia mengatakan, dekrit ini diambil berdasarkan nilai bendera nasional sepanjang sejarah negara Saudi sejak didirikan pada 1139 H. (1727 M.).

“Bendera bertuliskan deklarasi iman Islam di tengah, melambangkan pesan perdamaian dan agama Islam yang menjadi dasar negara yang diberkati ini, sedangkan pedang melambangkan kekuatan, martabat, ketinggian kebijaksanaan dan status,” lanjutnya.

“Selama hampir tiga abad, bendera ini telah menjadi saksi kampanye penyatuan negara, dan warga negara ini mengambil panji kebanggaan dan keanggunan darinya,” lanjutnya.

Raja Salman mengatakan, keputusan diambil setelah meninjau Hukum Dasar Pemerintahan Kerajaan dan Hukum Bendera. (T/RS2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.