SBY Ingatkan agar Pemerintah Tak Alergi Kritikan di Tengah Pandemi

Jakarta, MINA – Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono () menghimbau kepada pemerintah agar tidak alergi terhadap kritikan tapi justru mendengarkannya, khususnya di tengah-tengah situasi mengahadapi pandemi virus corona atau Covid-19.

“Amat berbahaya jika ada pihak yang menyampaikan pandangan kritisnya, dan kebetulan mereka itu pernah bertugas di pemerintahan SBY, atau sekarang tidak berada dalam koalisi pemerintahan Presiden Jokowi, lantas dianggap sebagai musuh pemerintah,” kata SBY seperti dikutip dalam laman resmi Facebooknya @SBYudhoyono, Kamis (9/4)

Menurut Presiden keenam RI tersebut, pandangan dari pihak di luar pemerintah itu tetap ada gunanya jika pemerintah sudi untuk mendengarkannya.

Tanggapan tersebut muncul setelah terbitnya telegram yang isinya mengatur tentang  instruksi bagi penyidik untuk mulai mengantisipasi kasus-kasus salah satunya kasus penghinaan kepada presiden selama situasi pandemi Covid-19.

Ia berharap tidak ada satupun warga Indonesia yang kena ‘ciduk’ lantaran salah berucap di tengah ancaman virus Covid-19.

“Padahal hidup mereka sedang susah di era wabah corona ini. Jangan sampai sudah jatuh, tertimpa tangga pula,” kata SBY.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu memahami, di tengah situasi saat ini bisa memunculkan ‘benturan’ antara elemen masyarakat dengan pihak pemerintah. Apalagi, kalau sebelumnya sudah ada benih-benih ketidakcocokan dan ketidak-sukaan antara elemen masyarakat dan pemerintah.

“Dalam keadaan darurat dan sekaligus krisis seperti sekarang ini, sebaiknya pemerintah bisa mencegah terjadinya masalah baru. Misalnya masalah sosial, ataupun masalah politik, yang bisa mengganggu upaya pemerintah menyelamatkan rakyat dari wabah virus corona yang mematikan ini,” katanya.

Ia pun mengimbau, agar penegak hukum mengutamakan tindakan persuasif dan pencegahan terlebih dahulu. Namun, jika tindakan persuasif dirasa sudah tidak mempan, baru dilakukan pendekatan hukum.

SBY juga meminta masyarakat tidak terlalu cepat menuduh pemerintah tidak serius bahkan tidak berbuat apa-apa di dalam menanggulangi wabah Covid-19.

Ia mengingat dulu juga pernah mengalami hal yang sama sewaktu menduduki jabatan Presiden RI. Ketika itu, Indonesia juga sedang berada dalam krisis ekonomi global.

“Saat itu saya tegang, letih, dalam suasana seperti itu, secara bertubi-tubi dan di banyak tempat saya diserang dan dihina. Di parlemen, di media massa, dan di jalanan dengan macam-macam unjuk rasa. Kata-katanya sangat kasar dan menyakitkan,” ujar SBY.

Bahkan, beberapa kali isterinya Ani Yudhoyono menangis saat itu. Terkadang, SBY juga hampir tidak kuat dengan hinaan-hinaan yang melampaui batas yang ditujukan kepadanya. Namun, SBY berkata, sebagai nakhoda, dia harus kuat, harus tegar, dan harus sabar.

“Saya menghibur diri saya sendiri, saya dibeginikan karena saya pemimpin, karena saya presiden. Semua menjadi tanggung jawab saya, kodrat saya. Kalau saya tidak kuat dan patah di tengah jalan, justru negara akan kacau. Rakyat justru akan menderita. Karenanya saya tetap fokus pada tugas dan kewajiban saya. Saya yakin bahwa badai pasti berlalu,” ujarnya. (T/RE1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.