SEA Games 2023 Resmi Dibuka

(Istimewa)

Jakarta, MINA – Pesta Asia Tenggara,   di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5) malam.

SEA Games Kamboja 2023 akan menyediakan 36 cabor, 47 disiplin, serta 581 nomor pertandingan. Cambodia SEA Games Organizing Committee (CAMSOC) sepakat untuk memasukkan teqball dalam kategori demonstrasi.Adapun deretan cabor akan dipertandingkan pada 5-17 Mei 2023 mendatang.

Kamboja untuk pertama kalinya mendapat kesempatan sebagai tuan rumah SEA Games.

Dalam pembukaan tersebut, Kamboja menampilkan peragaan koreografi. Tari-tarian yang dipersembahkan oleh Kamboja meliputi tari tradisional dan tari modern yang melibatkan banyak orang.

Pembukaan SEA Games ini diusung meliputi cerita tentang masa lalu Kamboja hingga cerita tentang kehidupan modern. Pertunjukan penyanyi juga menghias pembukaan SEA Games 2023.

Usai beragam gerak tari ditampilkan, dilanjutkan dengan momen defile kontingen. Brunei Darussalam jadi negara pertama yang mengawali defile.

Setelah itu Indonesia memasuki lapangan. Atlet renang, Flairene Candrea menjadi pembawa bendera alias flag bearer  Kontingen Indonesia dalam defile diikuti oleh 45 orang dengan rincian perwakilan 25 atlet dan 15 perwakilan Tim CdM dan Komite Olimpiade Indonesia.

Kemudian secara berurutan masuk negara-negara peserta SEA Games 2023 lainnya. Defile kontingen SEA Games 2023 kemudian ditutup oleh kontingen Kamboja sebagai tuan rumah. Kontingen Kamboja jadi kontingen dengan jumlah anggota terbanyak yang hadir dalam upacara pembukaan ini.

Bendera SEA Games kemudian resmi dikibarkan diikuti oleh janji atlet dan ofisial pertandingan. SEA Games 2023 pun resmi dibuka setelah api SEA Games dinyalakan. Kembang api pun menutup acara pembukaan SEA Games 2023. (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.