SEBANYAK 160 ULAMA MINTA RAJA SAUDI SELAMATKAN MURSI

Salman-bin-Abdulaziz-Al-Saud-02
Raja , Salman Bin Abdulaziz.(Foto: MEMO)

Arab Saudi, 3 Ramadhan 1436/20 Juni 2015 (MINA) – Sebanyak 160 ulama menandatangani pernyataan yang meminta , Salman Bin Abdulaziz untuk ikut campur tangan dan mencabut terhadap Presiden Mesir pertama terpilih secara demokratis Muhammad .

Penandatangan tersebut mengutarakan ketidakadilan terhadap hukuman mati Mursi dan pendukungnya yang dipolitisir, demikian Middle East Monitor (MEMO) melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pernyataan tersebut mengatakan apa yang terjadi di Mesir “bukan urusan internal Mesir saja, tetapi merupakan urusan yang akan mempengaruhi negara-negara Arab dan Islam secara keseluruhan.”

Pernyataan tersebut merupakan perlawanan terhadap hukuman mati Mursi yang bermotif politik serta tidak ada kaitannya dengan undang-undang karena itu termasuk informasi yang keliru.

Pengadilan Mesir, Selasa (16/6), memvonis penjara seumur hidup (25 tahun) Mursi atas dakwaan bersekongkol dengan kelompok Hamas Palestina dan Hizbullah Lebanon untuk melaksanakan “aksi teror” di Mesir.

Adapun hukuman mati dijatuhkan untuk dakwaan terlibat pembobolan penjara secara massal pada 2011.

Pengadilan juga menjatuhkan hukuman mati kepada lima pemimpin Ikhwanul Muslimin, termasuk pemimpin tertinggi Mohamed Badie, atas tuduhan terlibat penjebolan penjara secara massal pada 2011.

Sebanyak 94 terdakwa lainnya dihukum in absentia ke tiang gantungan, termasuk cendekiawan terkemuka Yusuf Al-Qaradawi, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pengadilan lebih lanjut memvonis 21 terdakwa dengan hukuman penjara seumur hidup dan delapan orang lainnya dua tahun penjara atas tuduhan yang sama.

Namun putusan pengadilan Mesir itu masih tunduk pada banding.(T/een/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0