Sebanyak 300 Siswa Terima Beasiswa BAZNAS di Al-Azhar, Kairo

Kairo, MINA – Sebanyak 300 orang menjadi penerima manfaat dalam program beasiswa BAZNAS RI yang diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat dan sudah dinyatakan lulus di kampus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al Azhar angkatan ke-3 Tahun 2022 sendiri diluncurkan Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin di Kedubes RI Kairo, Sabtu (5/11).

Pada kesempatan itu, Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin mendorong dan memotivasi agar para penerima beasiswa dapat menyiapkan mental dan niat terbaik, agar hasil yang didapat menjadi maksimal.

“Mahasiswa harus bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara di masa depan. Kalian adalah calon penerus dan pemimpin bangsa ini. Jadi harus bisa berkontribusi dalam tiap aspek, harus bisa bermanfaat dan ada nilai tambahnya,” kata Wapres Ma’ruf.

Wapres juga berharap agar program Beasiswa BAZNAS ini dapat bermanfaat dan memberi nilai lebih kepada para penerima manfaatnya, tak hanya di sektor pendidikan, namun juga sektor lain.

Sebelumnya, melalui dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat, BAZNAS telah membantu putra-putri terbaik bangsa yang menempuh pendidikan di kampus Al-Azhar, Mesir sejak 2019 dan 2021.

Pada angkatan 2019, tercatat ada 33 peserta, sedangkan untuk angkatan 2021 sebanyak 64 peserta menjadi penerima manfaat. Sehingga total penerima manfaat Beasiswa Cendekia BAZNAS Al-Azhar saat ini berjumlah 397 mahasiswa.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI, Prof. Noor Achmad mengatakan program beasiswa ini merupakan upaya untuk menciptakan generasi yang unggul di masa depan. Pasalnya, lewat pendidikan, sang anak didorong untuk meraih sukses di masa depan sehingga bisa mendongkrak perekonomian keluarga rentan.

“Alhamdulillah, sebagai bagian dari menyejahterakan umat, BAZNAS kembali meluncurkan program Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al Azhar angkatan ke-3 Tahun 2022. Semoga melalui beasiswa ini, beasiswa akan tumbuh dan berkembang generasi yang unggul dan berdaya saing demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” ujar Noor.

Menurut Noor, diharapkan para alumni program ini dapat memberi kontribusi positif selepas menyelesaikan studi di Mesir. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)