Sebanyak 450 Jamaah Kloter 1 Embarkasi Surabaya Diberangkatkan

Surabaya, MINA – Sebanyak 450 calon jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1 Embarkasi Surabaya (SUB 01) ke Tanah Suci. Calon asal Kabupaten Situbondo ini diberangkatkan dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya menuju Bandara Internasional Juanda, usai dilakukan pelepasan secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sebelum melepas pemberangkatan jemaah haji, Menag didampingi Wakil Ketua Komisi VIII Hamka Haq, Kakanwil Kemenag Jatim dan Dirjen Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, menyapa jamaah yang berada di dalam bus kloter 01.

Dalam sambutannya di hadapan calon jamaah haji kloter 1 asal Kabupaten Situbondo Menag Lukman Hakim mengucapkan selamat dan doa agar seluruh jamaah haji senantiasa dalam keselamatan dan dilindungi Allah SWT.

“Saya ingin mengajak kepada kita semua untuk mensyukuri bahwa para jemaah ditakdirkan dan dipilih sebagai tamu-tamu Allah SWT. Ini adalah kemulian yang harus betul betul kita syukuri. Karena begitu banyak hamba-hamba Allah yang tidak semuanya bisa menunaikan ibadah haji,” ujar Menag, sebagaimana laporan yang diterima MINA, Rabu.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Syamsul Bahri melaporkan calon jamaah haji asal Situbondo yang akan berangkat pada kloter pertama berjumlah 450 jamaah.

“Kloter I insyaallah take off pada pukul 10.00 WIB mengunakan maskapai Saudi Arabia Airlines dan dilanjutkan kloter II asal Bondowoso pada pukul 12.00 WIB,” kata Syamsul.

Dia mengatakan total jamaah haji yang akan berangkat menuju tanah suci melalui embarkasi Surabaya sebanyak 37.055 jamaah yang terbagi dalam 83 kloter.

“Para calon jemaah berasal dari Jawa Timur, Bali dan NTT,” kata Syamsul.

Sementara Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU) Muhajirin Janis menambahkan bersamaan dengan SUB 01, akan ada 10 kloter lain yang akan diberangkatkan Selasa kemarin dari lima embarkasi lainnya.

Sebelas kloter dari seluruh Indonesia yang berangkat pada hari pertama berasal dari embarkasi Surabaya/SUB (3 kloter), Padang/PDG (1 kloter), Lombok/LOP (1 kloter), Solo/SOC (4 kloter), Jakarta – Pondok Gede/JKG (1 kloter), serta Makassar/UPG (1 kloter).

Tahun ini, total ada 37.055 jamaah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya. Mereka berasal dari Jawa Timur, Bali, dan NTT.(R/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.