SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebanyak 671 KK Terdampak Banjir Di Bolaang Mongondow

kurnia - Jumat, 28 Juni 2024 - 19:03 WIB

Jumat, 28 Juni 2024 - 19:03 WIB

0 Views ㅤ

Bolaang Mongondow, MINA – Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan sebanyak 671 kepala keluarga atau 1.893 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara .

“Pengungsi saat ini, memilih tinggal di rumah kerabat mereka yang aman dari bencana banjir,” kata Abdul,Jumat (28/6).

Banjir melanda Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara, pada Rabu (26/6) yang dipicu hujan deras yang mengguyur sejak pukul 07.00 Wita hingga pukul 05.00 Wita.

Genangan air diperkirakan setinggi 1,0 hingga 1,5 meter di berbagai desa. Dia mengatakan desa-desa yang paling terdampak termasuk Desa Toruakat, Pusian, Pusian Barat, dan Pusian Selatan di Kecamatan Dumoga, Desa Tonom, Mogoyunggung Induk, dan Mogoyunggung Satu di Kecamatan Dumoga Timur.

Baca Juga: MUI Serukan Pencegahan Kekerasan Seksual di Pesantren dan Masyarakat

Baca Juga:  Kajian Muslimah Darul Hijrah Bahas “Takdir Kita”

Selanjutnya, Desa Tanoyan Utara dan Kopandakan dua di Kecamatan Lolayan serta Desa Dondomon, Dondomon Selatan, Dondomon Utara, Mopuya Selatan satu, Mopuya Induk, Mopuya Utara, Tumokang, dan Mopugat Selatan di Kecamatan Dumoga Utara.

Tercatat ada 633 unit rumah yang terendam, satu unit fasilitas pendidikan, dan satu unit fasilitas ibadah juga ikut terdampak.

Jalan penghubung antara Desa Doloduo II dan Desa Makaruo terputus, menambah kesulitan mobilitas di daerah tersebut.

Baca Juga: Dewan Masjid Al-Haqqul Mubbiin Khitan 400 Anak Dhuafa

Tim dari berbagai instansi seperti TRC BPBD, TNI/POLRI, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Balai Wilayah Sungai Sulut I, pemerintah desa, dan relawan masyarakat turun ke lapangan membantu warga terdampak.

Namun, cakupan wilayah banjir yang luas dan tersebar di enam kecamatan menjadi tantangan besar dalam penanganan bencana ini. BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow berkoordinasi dengan aparat terkait dan terus melakukan pendataan.

Baca Juga:  Pemerintah Blokir Internet ke Kamboja dan Filipina

Upaya penanganan terus dilakukan, termasuk pendistribusian bantuan makanan siap saji, peralatan kebersihan, dan perlengkapan tidur yang sangat dibutuhkan oleh warga. Kondisi cuaca saat ini cenderung berawan dan hujan ringan, banjir mulai berangsur surut. []

Baca Juga: Pondok Tahfizh Al-Fatah Muaro Jambi Luluskan Angkatan Pertama

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Terkini
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia