Sekitar 60 Tewas dalam Pertempuran di Idlib

, MINA – Setidaknya 60 orang tewas dalam bentrokan antara pasukan pemerintah dengan jihad dan militan di Suriah barat laut pada Selasa (13/8), menurut laporan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Sejak akhir April, Idlib dan beberapa provinsi tetangga telah mengalami pemboman hampir setiap hari oleh pesawat-pesawat Suriah dan , bertepatan dengan pertempuran sengit di lebih dari satu front dalam beberapa hari terakhir.

HTS (sebelumnya Jabhat al-Nusra) mengendalikan sebagian besar Idlib dan sekitarnya, dan ada kelompok-kelompok Islamis serta oposisi yang kurang berpengaruh.

Arab 48 melaporkan, terjadi pertempuran sengit pada hari Selasa pagi di pedesaan selatan Idlib, yang menurut observatorium menyebabkan pembunuhan 20 anggota dari faksi-faksi yang bertarung, mayoritas dari mereka dari HTS, sementara 23 anggota pasukan pemerintah juga terbunuh.

Di pedesaan utara Latakia, berbatasan dengan Idlib, pertempuran antara kedua belah pihak di sebuah daerah di Gunung Kurdi menewaskan sepuluh militan dari faksi jihad, dengan imbalan enam anggota pasukan pemerintah dan loyalis bersenjata juga tewas, menurut observatorium.

Pertempuran itu bertepatan dengan serangan besar-besaran dan penembakan di pedesaan selatan Idlib, Latakia dan Hama al-Shamali. Serangan Rusia pada hari Selasa menewaskan enam warga sipil, termasuk tiga di Khan Sheikhoun dan tiga di desa Salhieh, selatan Idlib.

Sejak hari Ahad, pasukan pemerintah Suriah telah membuat kemajuan di pedesaan selatan Idlib, di mana mereka telah menguasai kota dan sekitarnya. Ia berusaha untuk maju di daerah menuju Khan Sheikhoun, kota terbesar di pedesaan selatan Idlib.

Daerah Idlib dan sekitarnya dicakup oleh kesepakatan yang dicapai oleh Rusia dan Turki di Sochi pada September 2018, yang menetapkan pembentukan zona demiliterisasi yang akan memisahkan bidang kendali pasukan rezim dan faksi-faksi.

Kesepakatan ini juga menyediakan penarikan senjata berat dan menengah oleh faksi-faksi oposisi dan penarikan kelompok-kelompok jihadis dari wilayah yang dimaksud.

Kesepakatan itu berhasil membangun ketenangan relatif, sebelum Damaskus mulai meningkatkan serangan sejak akhir April dan Rusia bergabung dengannya, dan menyebabkan eskalasi menurut pengamatan telah menewaskan 816 warga sipil.

Lebih dari 1.200 pejuang faksi tewas dalam pertempuran dengan lebih dari 1.100 pasukan pemerintah dan loyalis.

Peningkatan ini telah mendorong lebih dari 400.000 orang ke pengungsian di barat laut Suriah, menurut PBB.

Awal bulan ini, Suriah menyetujui gencatan senjata empat hari sebelum memutuskan untuk melanjutkan operasi militernya, dengan daloh faksi-faksi melanggar perjanjian dan menargetkan pangkalan udara Hmeimim, yang berbasis di markas besar Rusia di provinsi pesisir Latakia. (T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.