Sekjen Hizbullah Puji Suriah Tembak Jatuh F-16 Israel

Sekjen Hizbullah Lebanon Hasssan Nasrallah. (Press TV)

Beirut, MINA – Sekjen Hizbullah Lebanon Hasssan Nasrallah memuji pasukan Suriah yang telah menembak jatuh jet tempur F-16 Israel pekan lalu dan menyebutnya sebagai “pencapaian militer yang sangat besar.”

“Mereka yang mengeksekusi perintah tersebut adalah perwira dan tentara dari Angkatan Darat Arab Suriah,” kata Nasrallah kepada para pendukungnya melalui sebuah pidato di televisi dari ibu kota Beirut, Jumat (16/2) malam, Press TV melaporkan.

Nasrallah lebih jauh mencatat bahwa Israel meluncurkan keributan dengan Lebanon di atas Blok 9 yang merupakan ladang minyak dan gas lepas pantai, yang terletak di perairan Mediterania.

“Perselisihan kami dengan Israel mengenai cadangan energi tidak dapat secara sederhana dijelaskan sebagai isu ekonomi. Israel memanfaatkan isu energi untuk menerima lampu hijau Amerika Serikat untuk mencaplok Dataran Tinggi Golan, karena ada laporan tentang jumlah besar minyak di sana,” katanya.

Sekjen Hizbullah melanjutkan, banyak laporan yang telah mengkonfirmasi bahwa ada jumlah signifikan minyak dan gas di Suriah.

Menurutnya, itulah salah satu alasan utama di balik militansi yang didukung asing dan kehadiran pasukan militer AS di negara Arab yang dilanda perang tersebut. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.