Sekjen OKI Mundur

Kairo, 1 Safar 1438/1 November 2016 (MINA) – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Iyad Bin Amin Al-Madani mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan sakit, menurut website resmi OKI.

Dibalik pernyataan resmi tersebut, pengunduran diri Iyad muncul beberapa hari setelah Mesir tersinggung dengan pernyataan sekjen yang diucapkan dalam pidatonya di Tunisia baru-baru ini.

Dalam sebuah konferensi di Tunisia pekan lalu, Iyad salah menyebut nama presiden Tunisia Essebsi dengan malah mengucapkan Al-Sisi (presiden Mesir).

Untuk mengoreksi kesalahannya, Iyad mengungkapkan sebuah pernyataan, “Ini kesalahan fatal, saya yakin kulkas anda punya lebih banyak dari sekedar air (daripada Al-Sisi, red), tuan Presiden.”

Beberapa hari sebelumnya, presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi mengatakan dalam sebuah konferensi pemuda di Sharm Al-Sheikh bahwa dirinya merupakan orang yang hidup sederhana.

“Saya seperti kalian, demi Allah, selama sepuluh tahun kulkas saya cuma berisi air dan tidak ada yang mendengar aspirasi saya dan saya bukan dari keluarga kaya,” ungkapnya.

Pernyataan Al-Sisi yang “merakyat” itu disebut sebagai upaya menjaga stabilitas Mesir dari kemungkinan kudeta yang akhir-akhir ini didengar kembali.

Pada Jumat, OKI secara resmi mengeluarkan pernyataan minta maaf atas pernyataan Iyad, dengan mengatakan, “Humor itu bukan bermaksud untuk menyinggung kepemimpinan Al-Sisi dalam cara apapun.”(T/R04/R03)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)