Sekjen PBB: Akhiri Pendudukan Israel Kunci Perdamaian

(Photo: AFP)

New York, 7 Syawwal 1438/1 Juli 2017 (MINA) – Sekretaris Jendral PBB Antonio Guterres mengatakan mengakhiri pendudukan Israel merupakan satu-satunya jalan untuk mencapai perdamaian.

Dia mengatakan dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingati 50 tahun pendudukan tanah Palestina oleh Israel. Demikian MEMO melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Guterres menyebutkan pendudukan di Tepi Barat, Yerusalem Timur, Gaza, dan Dataran Tinggi Golan harus diakhiri, sebagai satu-satunya cara untuk mencapai hak-hak orang Palestina yang tidak dapat dicabut.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan selama forum dua hari yang berjudul “Mengakhiri pendudukan: Jalan menuju kemerdekaan, keadilan, dan perdamaian untuk Palestina,” Guterres meminta perundingan langsung untuk mencapai solusi dua negara atas konflik sesuai dengan hukum internasional.

Menyoroti korban yang parah, pendudukan dilakukan terhadap orang-orang Palestina, Guterres menyesalkan fakta bahwa “generasi-generasi orang Palestina telah tumbuh di kamp-kamp pengungsi yang padat, banyak tumbuh di antara kemiskinan, dan dengan sedikit atau tidak memiliki prospek kehidupan yang lebih baik untuk anak-anak mereka.”

Wakil Sekjen PBB Amina Muhammad, yang menghadiri forum tersebut, juga mengecam dampak kelambanan masyarakat internasional terhadap warga Palestina.

“Saya mengerti perasaan putus asa rakyat Palestina,” katanya. “Sudah lama, masyarakat internasional gagal menemukan solusi yang adil dan abadi untuk mereka”.

Dia menambahkan kehidupan generasi orang-orang Palestina dan Israel telah dibatasi oleh konflik yang membentuk batas fisik dan manusia dengan dinding beton, pos pemeriksaan, dan menara pengawas, yang semuanya berada di bawah atmosfir ketakutan, saling curiga dan putus asa.

Sementara Otoritas Palestina dan masyarakat internasional tidak mengakui legalitas pendudukan Yerusalem Timur, Gaza, dan Tepi Barat sejak 1967, banyak warga Palestina menganggap semua wilayah bersejarah Palestina telah diduduki sejak terbentuknya negara Israel. Pada tahun 1948

Guterres menambahkan dalam pernyataannya, sebuah resolusi terhadap konflik Israel-Palestina akan memberikan sedikit dalih untuk kekerasan dan ekstremisme di Timur Tengah, dan akan “membuka pintu bagi kerja sama, keamanan, kemakmuran dan hak asasi manusia untuk semua orang.” (T/P3/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.