Sekjen PBB Puji Semboyan Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika”

Sekjen PBB Antonio Guterres dan Presiden Joko Widodo (foto: BPMI Setpres)

Jakarta, MINA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres memuji semboyan Indonesia, “” yang dia nilai sangat dibutuhkan penerapannya dalam situasi dunia saat ini.

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara, Garuda Pancasila. Semboyan ini menggambarkan kondisi Indonesia yang mempunyai banyak keragaman namun tetap menjadi satu bangsa.

“Bhinneka Tunggal Ika, kesatuan dalam keberagaman, bukan hanya moto nasional Indonesia. Ini adalah kunci untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi kita semua,” kata Guterres dalam konferensi pers di Media Center KTT ASEAN 2023, Jakarta (7/9).

Guterres menyatakan, keprihatiannya atas kondisi dunia yang sedang berada di ambang batas akibat serangkaian krisis, mulai dari keadaan darurat iklim yang memburuk dan meningkatnya perang dan konflik, hingga meningkatnya kemiskinan, meluasnya ketidaksetaraan, dan ketegangan geopolitik.

“Untuk itu, kita membutuhkan kerja sama dalam semua bidang,” katanya.

berkunjung ke Jakarta untuk menghadiri rangkaian KTT ke-43 ASEAN dan sejumlah agenda lain, termasuk pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo.

Dalam pertemuan tersebut, Guterres mengapresiasi atas kepemimpinan Indonesia dan upaya diplomasi yang luar biasa di ASEAN dan G20. Ia bertekad untuk terus mengembangkan kerja sama antara PBB dengan Indonesia maupun dengan ASEAN.

“Kami bertekad untuk mengembangkan sebanyak mungkin kerja sama kita di Indonesia dan kerja sama kita di ASEAN. Selamat kepada Bapak Presiden atas kepemimpinan Anda yang luar biasa di ASEAN selama periode ini,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutan pembukanya, Presiden Jokowi menyampaikan keprihatinannya dengan situasi global saat ini dan mengatakan bahwa harapan dunia pada PBB makin besar untuk ciptakan perdamaian dunia. ia mendorong sinergi ASEAN dengan PBB dalam upaya menjaga perdamaian di kawasan. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.