Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sekjen PBB: Serangan Hamas Tidak Muncul Begitu Saja

Habib Hizbullah - Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:36 WIB

Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:36 WIB

15 Views

New York, MINA – Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres menyerukan “gencatan senjata kemanusiaan” di Jalur Gaza, dan menekankan bahwa serangan Hamas tidak muncul begitu saja.

“Penting untuk disadari bahwa serangan Hamas tidak terjadi dalam ruang hampa, mengacu pada kejahatan pendudukan Israel di tanah Palestina  dan berbagai kejahatan yang dilakukan oleh pendudukan selama beberapa tahun terakhir,” demikian diungkapkannya dalam sesi darurat Dewan Keamanan PBB untuk membahas situasi di Timur Tengah dan masalah Palestina seperti dikutip dari PIC.

Guterres menekankan, serangan perlawanan Palestina tidak melakukan pembunuhan massal yang dilakukan Israel di Gaza.

Sementara itu, pernyataan Gotish memicu kemarahan pendudukan Zionis, yang terus-menerus berupaya mengintimidasi suara-suara internasional yang mengungkap kriminalitas dan pelanggaran yang dilakukan pendudukan.

Baca Juga: Ulama Palestina Kecam Serangan Zionis ke Warga Lebanon

Ia menekankan perlunya ketenangan untuk meringankan penderitaan yang sangat besar ini, memfasilitasi jaminan distribusi bantuan, dan memfasilitasi pembebasan tahanan.

“Keprihatinan mendalam mengenai pelanggaran nyata Israel terhadap hukum kemanusiaan internasional yang kita lihat di Gaza, dan mari kita perjelas, setiap pihak yang terlibat dalam konflik bersenjata tidak berada di bawah hukum kemanusiaan internasional,” kata Gotish.

Selanjutnya, Guterres menekankan, bantuan yang masuk ke Gaza sejauh ini “hanya setetes air dari kebutuhan yang seluas lautan,” dan memperingatkan bahwa stok bahan bakar PBB di Gaza akan habis dalam beberapa hari, “Ini akan menjadi bencana lain,” katanya.

Sementara, Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Tor Wensland, mengatakan, apa yang kita saksikan belum pernah terjadi sebelumnya, ini mungkin memiliki dampak jangka panjang.

Baca Juga: Al-Qassam Serang Tentara Zionis di Rafah, Beberapa Tewas

“Serangan Israel di Gaza menyebabkan kematian sejumlah besar warga sipil dan menyebabkan lebih dari satu juta warga Palestina mengungsi,” katanya. (T/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: 40.000 Warga Palestina Laksanakan Shalat Jumat di Masjid Aqsa

Rekomendasi untuk Anda

Amerika
Palestina
Palestina
Palestina