Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Dipertanyakan

(dok. Liputan6)

Jakarta, 2 Rajab 1438/30 Maret 2017 (MINA) – DPR RI mempertanyakan hasil seleski calon anggota Komisi Pemilihan Umum () dan Badan Pengawas Pemilu () yang dinilai tidak jelas.

“Ada semacam tarik ulur ya, artinya teman-teman perlu melakukan klarifikasi dulu kepada Timsel kenapa dari 14 dan 10 nama KPU dan Bawaslu itu ada semacam ketidakberesan,” kata Yandri Susanto, Anggota Komisi II di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/3).

Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang dipimpin Wakil Ketua Komsi II DPR Ahmad Riza Patria, ia mengharapkan para calon anggota lembaga penyelenggara pemilu yang terpilih berintegritas, sehingga dapat menyelenggarakan pemilu secara berkualitas.

Komisi II juga mempertanyakan ukuran yang dipakai Tim Seleksi (Timsel) untuk meloloskan dan tidak meloloskan calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI.

“Ukurannya apa kemudian skema untuk membuat keputusannya bagaimana? Kita ingin semuanya clear dari awal,” kata Yandri.

Wakil Ketua Pansel, Ramlam Surbakri mengungkapkan tahapan pelaksanaan proses penyeleksian calon anggota KPU dan Bawaslu. Ada 326 pelamar yang masuk untuk menjadi komisioner KPU, sementara untuk Bawaslu, ada 209 orang.

“Setelah tes tahap 3, muncul 14 calon KPU dan 10 calon Bawaslu,” ungkapnya.

Timsel telah menyelesaikan tes tahap III atau akhir dengan memilih 14 nama untuk KPU dan 10 nama untuk Bawaslu untuk diserahkan kepada Presiden. Presiden kemudian akan memilih tujuh orang untuk komisioner KPU dan lima untuk komisioner Bawaslu RI.

Adapun nama-nama yang lolos adalah. Calon Komisioner KPU: 1. Amus Atkana, 2. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, 3. Ilham Saputra, 4. Evi Novida Ginting Manik, 5. Fery Kurnia Rizkiyansyah, 6. Idha Budhiati, 7. Wahyu Setiawan, 8. Sri Budi Eko Wardani, 9. Pramono Ubaid Tanthowi, 10. Yessy Y. Momongan. 11. Hasyim Asy’ari, 12. Arief Budiman, 13. Viryan, 14. Sigit Pamungkas.

Calon Komisioner Bawaslu RI: 1. Ratna Dewi Petalolo, 2. Mohammad Najib, 3. Abhan, 4. Sri Wahyu Araningsih, 5. Fritz Edward Siregar, 6. Syafrida Rachmawati Rasahan, 7. Mochammad Afifudin, 8. Herwyn Jefier Hielsa Malonda, 9. Abdullah, 10. Rahmat Bagja. (T/R06/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.