Semarakkan BSP 2023, Ponpes Al-Fatah Cileungsi Gelar Festival Cinta Al-Aqsa

(Foto: BSP/AWG)

Cileungsi, Bogor, MINA – Dalam rangka memeriahkan Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023, Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Kabupaten Bogor menggelar rangkaian acara Festival Cinta Al-Aqsa yang diinisiasi oleh lembaga kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG).

Festival Cinta Al-Aqsa ini dilaksanakan dua hari, dengan mengadakan pawai dan pengibaran bendera Indonesia-Palestina pada Sabtu,(11/11), serta lomba cerdas cermat, kreasi kuliner, pidato dan puisi pada Ahad  (12/11).

Kegiatan pawai dan pengibaran bendera melibatkan seluruh santri Ponpes Al-Fatah dengan jumlah lebih dari 500 anak, mulai tingkat RA, TK, Paud, MI, MTs, MA, dan seluruh asatiz/asatizah.

“Dengan melibatkan anak-anak di BSP ini, berarti kita regenerasi, dan regenasi itu yang paling ditakuti oleh Zionis. Kalau kita lihat, Zionis mengarahkan pembunuhan kepada anak-anak, karena 10 atau 15 tahun lagi akan menjadi pelanjut perjuangan,” kata pengasuh jaringan Ponpes Al-Fatah Indonesia Imaam Yakhsyaallah Mansur kepada MINA, Sabtu (11/11).

Baca Juga:  PBB: 630.000 Warga Palestina Mengungsi dari Rafah Sejak 6 Mei

“Maka dengan melibatkan anak-anak ini merupakan langkah yang sangat bagus,” katanya.

Selanjutnya, Imaam Yakhsyallah berpesan agar pelaksanaan BSP ini terus bisa dilanjutkan sampai selesai dan melibatkan seluruh komponen masyarakat, bahkan kalau perlu yang non-Muslim, sehingga ini menjadi kegiatan kemanusiaan, bukan hanya keagamaan.

“Sudah tentu kita semuanya harus memiliki beberapa langkah. Yang pertama, (melibatkan) umat Islam. Yang kedua, kita melibatkan orang-orang yang non-Muslim. Dan yang ketiga, sangat penting juga menarik dukungan dari pemerintah, karena pada hakikatnya kita melaksanakan kegiatan ini bukan hanya keagamaan semata-mata, tapi kemanusiaan, juga konstitusi, dimana UUD 1945 tentang kemerdekaan segala bangsa,” katanya.

Selain di Ponpes Al-Fatah, kegiatan Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023 juga digelar di SMP-IT/SMA-IT Insan Mandiri Cibubur, Bekasi, dengan perlombaan renang, memanah, serta turnamen futsal. Lomba-lomba tersebut terbuka untuk jenjang TK hingga SMA se-Jabodetabek.

Baca Juga:  Prof Saiful Akmal Pakai “Kafiyeh” Palestina Saat Orasi Ilmiah di Ar-Raniry

Rangkaian acara Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023 akan dilaksanakan selama satu bulan penuh, 1-29 November 2023 / 17 Robiul Akhir – 15 Jumadil Awal 1445 H di Jakarta dan tersebar di seluruh Indonesia, serta beberapa negara pro-Palestina di dunia.

Terdapat 12 rangkaian acara BSP 2023 yaitu Festival Cinta Aqsa, Daurah Al-Quds/Diskusi Internasional, Sarasehan, Pameran Foto, Talkshow Millenial Peacemaker Forum, Football Competition, Gowes Cinta Al-Aqsa, Pengibaran Bendera Indonesia dan Palestina di Puncak Gunung, Pengibaran Bendera di Masjid-Masjid, serta Bakti Sosial.(L/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)