Sembilan Jurusan Paling Populer Versi QS World University Rankings

Jakarta, MINA – Lembaga rangking universitas dunia, QS World University Rankings, melakukan penilaian terhadap 51 jurusan dan dari 51 jurusan tersebut terpilihlah sembilan jurusan paling populer.

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman Top Universities, Kamis (10/6).

Pertama, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Jurusan ilmu komputer dan sistem informasi merupakan jurusan paling populer pertama dan sering disebut sebagai salah satu jurusan yang bergerak cepat.

Kedua, Teknik dan Teknologi

Dalam jurusan teknik dan teknologi terdapat enam area yang dipelajari yaitu sebagai berikut:
– Ilmu komputer
– Teknik mesin
– Teknik sipil dan struktural
– Teknik elektronika
– Teknik kimia
– Teknik mineral dan pertambangan
– Teknik perminyakan

Ketiga, Studi Bisnis dan Manajemen

Pada studi bisnis dan manajemen terdapat lima spesialisasi yang dipelajari yaitu keuangan, manajemen, pemasaran, manajemen rantai pasokan, dan analisis bisnis.

Keempat, Pengobatan

Jurusan pengobatan seperti kedokteran, perawat, dan lain sebagainya selalu dibutuhkan sampai kapanpun. Oleh sebab itu, jurusan ini akan selalu menjadi jurusan paling populer dan sering dicari.

Kelima, Hukum

Hukum merupakan jurusan dengan fokus karir yang kuat dan secara konsisten menjadi jurusan yang paling menarik. Oleh karena itu Hukum selalu menjadi jurusan yang populer di kalangan calon mahasiswa.

Keenam, Teknik Mekanik, Penerbangan & Manufaktur

Teknik mekanik, penerbangan, dan manufaktur berbeda dari jurusan teknik yang disebutkan sebelumnya. Jurusan ini memiliki prospek kerja di bidang kerdirgantaraan, otomotif, dan sektor lainnya.

Ketujuh, Arsitektur

Arsitektur selalu menjadi jurusan yang populer dan paling banyak dicari. Menurut QS World University Ranking, hal ini dikarenakan terdapat subjek seni dan humaniora yang banyak diminati oleh mahasiswa.

Kedelapan, Art dan Design

Dalam menilai jurusan art dan design menjadi jurusan populer terdapat empat indikator, dua diantaranya yaitu reputasi dan akademik reputasi. Hal ini dikarenakan output dari penelitian tersebut tidak hanya berfokus pada seni tradisional dan design programs.

Kesembilan, Akuntasi dan Keuangan

Salah satu dari 15 jurusan dalam bidang ilmu sosial dan manajemen dalam peringkat, akuntansi dan keuangan adalah mata jurusan paling populer, mengingat fokus kejuruan yang kuat dari jurusan tersebut.

Demikianlah daftar jurusan paling populer versi QS World University Ranking. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)